PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Bupati Rokan Hulu Achmad, Kamis (23/10), meresmikan Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT Gunung Mas Sawit (MAS) di Dusun Ranto Kayo Kuning, Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tambusai.

''Setelah kita meresmikan PMKS ini, Kabupaten Rokan Hulu telah memiliki sebanyak 31 PMKS yang beroperasi di wilayah kita," kata Achmad.

Pengolahan PMKS ini dengan daya produksi 40 ton perjam merupakan pabrik PKS yang KE 31, beroperasi di Negeri Seribu Suluk, kegiatan tersebut selain dihadiri Bupati Rokan Hulu, tampak Ketua DPRD Rokan Hulu, Unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Adat, para karyawan PT GSM dan lainnya.

Kata Bupati Rokan Hulu, perusahaan ini selain memiliki fasilitas seperti PMKS pada umumnya, pabrik yang dibangun dengan lahan seluas 10 hektar ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain, seperti laboratoriu yang berfungsi menjamin mutu dari dari produksi Crude Pamp Oli (CPO).

Kemudian Achmad mengharapkan, keberdaaan PMKS PT GSM ini dapat memberi dampak positif kepada masyarakat sekitar, selain terbukanya lapangan pekerjaan baru, keberdaannyya diharapkan bisa mensejahterakan masyarakat sekitar serta menunjang program pembangunan dan perkembangan desa.

Masih di tempat yang sama, General Manager PT GSM Kaharudin mengatakan alasan dari pihak management perusahaan memilih jkabupaten Rokan Hulu sebagai sasaran investasi mereka didasari, karena besar potensi Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Rokan Hulu.

''Selain itu, adanya kemudahan fasilitas perizinan yang diberikan pemerintah daerah kepada kita, hal ini yang menjadi salah alasan dan pertimbangan dari managemen tertarik berinvestasi di Rokan Hulu," ungkap Kaharudin.

Tentu keberadaan PMKS ini diharapkan benar-benar membawa dampak positif kepada masyarakat, tambah Kaharudin, jangan sampai keberadaan perusahaan hanya menimbulkan konflik serta membuat kerusakan lingkungan. (ram)