PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) Rohul, sudah merekomondasikan 100 desa lebih untuk pencairan Alokasi Dana Desa (ADD).

''Kita sudah merekomondasikan 100 lebih desa untuk pencairan ADD mereka. Hanya saja, setelah rekomendasi, nantinya desa tersebut langsung ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPA) mengurusnya,'' jelas Kepala BPMD Rohul, Drs Budhia Kasino, Jumat (31/10/2014).

Diakui Budhia, akibat terlambatnya pengesahan APBD Rohul, mengakibatkan ADD terlambat. Dimana untuk ADD dicairkan melalui dua tahap, ditahap pertama untuk 60 persen dan tahap kedua 40 persen. ADD per desanya yang dikucurkan Pemkab Rohul, bervariasi antara Rp300 juta hingga Rp500 juta.

''Total ADD yang diakomodir dalam APBD Rohul tahun ini, Rp56,5 miliar. Untuk pencairan sudah bila dilakukan seluruh desa yang sudah direkomendasikan, dan sudah siap APBdesnya. Secara umum, desa-desa sudah kita rekomondasikan, sehingga dana ADD mereka bisa dicairkan ke DPPKA,'' jelas Budhia lagi.

Sedangkan setelah ADD tahap cair, bagi desa yang akan mencairkan dana ADD tahap dua, harus menyiapkan Spj pencairan tahap satu terlebih dahulu. ''Saya yakin, bila kepala desa dan perangkatnya serius maka untuk pencairan ADD baik tahap satu dan dua bisa diselesaikan secepatnya. Jangan kita nanti yang disalahkan,'' kata Budhia. (ram)