PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Pertambahan penduduk yang terlalu besar sementara daya tahan ekonomi yang menopang tidak terlalu kuat bisa membahayakan perusahaan, daerah bahkan negara. Karena itu, BKKBN dan Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Rohul kerjasama dengan Kebun PTPN V Sei Batu Langka Desa Kabun Kecamatan Kabun, Kamis, (27/11/2014) mengadakan pelayanan KB gratis kepada karyawan perusahaan.

Kegiatan dilaksanakan di halaman kantor Kebun Sei Batu Langka PTPNV tersebut disambut antusias para karyawati perusahaan tersebut. Kegiatan ini dihadiri Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Merry, Manager Kebun PTPN V Sei Batu Langka JK Simanungkalit, Perwakilan BKBPP Kabupaten Rohul Aly Yusuf dan pihak Puskesmas Kabun.

Dalam kesempatan itu, Perwakilan BKKBN Riau Merry menyebutkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada manajemen Kebun PTPN V Sei Batu Langka yang ikut mendukung program KB. Tentunya, perusahaan swasta maupun BUMN di Rokan Hulu untuk dapat memberikan dukungan yang sama.

''Adanya pelayanan KB perusahaan, berharap adanya partisipasi aktif perusahaan lainnya di Rokan Hulu dalam mengalakkan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Provinsi Riau. Karena perusahaan bisa menyediakan alat kontrasepsi guna memenuhi kebutuhan karyawannya,'' ujarnya.

Kata Merry lagi, untuk mendapatkan pelayanan KB seperti pemeriksaan kesehatan, pemasangan KB, IUD dan Implant, semuanya dilaksanakan secara gratis.

Sementara, Manager Kebun PTPN V Sei Batu Langka, JK Simanungkalit mengucapkan terima kasih dan menyambut positif dilaksanakannya kegiatan pelayanan KB ini, program ini sebagai sarana yang vital dalam mengendalikan lajunya pertumbuhan penduduk serta upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas keluarga, sehingga tercipta keluarga yang memiliki jumlah anak yang ideal, sehat, sejahtera, berpendidikan serta terpenuhi hak-hak reproduksinya.

''Kita mendukung suksesnya program ini, berharap kerjasama ini bisa berkelanjutan,'' sebutnya.

Perwakilan BKBPP Rohul Aly Yusuf menambahkan, pelayanan KB perusahaan di Kecamatan Kabun melayani akseptor sebanyak 70 orang dengan rincian IUD 40 orang dan Implant 30 orang. ''Sehari sebelum pelaksanaan pelayanan KB perusahaan, Tim BKKBN Riau melaksanakan pemutaran Film Penerangan KB yang dimotori Bidang Pemberdayaan Keluarga BKBPP Rohul,'' pungkas Aly Yusuf. (ram)