PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Setelah sempat air surut, Selasa (25/11/2014) banjir kembali merendam permukiman warga di Kecamatan Tandun akibat meluapnya Sungai Tapung akibat tingginya intensitas hujan Selasa dinihari.

Dari informasi yang dirangkum, kampung yang terendam banjir adalah Desa Tandun. Di desa itu, banjir sudah merendam 5 rumah di Dusun Kukun dengan ketinggian air mencapai 1 meter. Bahkan akibat banjir, memutus akses jalan menuju PKS PTPN V Sei Tapung.

''Ini semua akibat, penggundulan hutan yang terjadi di bukit suligi. Bulan itu saja, juga ada kegiatan replanting 2800 hektar lahan di PTPN Sei Tapung, hal itu sebabkan penyerapan air tidak sempurna, sehingga meluap ke pemukiman masyarakat,'' ucap Udin, salah seorang warga Tandun, Selasa (25/11/2014).

Namun sejauh ini, belum adanya informasi jelas, apakah air luapan sungai Tapung masih terus naik, yang mengakibatkan bertambahnya rumah warga di desa itu terendam banjir. "Memang, sepekan ini banjir sudah surut, tapi akibat hujan deras Selasa dinihari, air sungai kembali naik dan meluap ke pemukiman masyarakat,"kata Yan, salah seorang warga Tandun lainnya. (ram)