PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Sedikitnya 25 rumah toko (ruko) di Pasar Baru, Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, sejak pukul 05.00 Wib, Selasa (25/11/2014) terendam, air. Akibatnya sebagian besar barang dagangan tak bisa diselamatkan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu Suwendi mengatakan meluapnya Sei Teriak Melintang, akibat hujan di hulu sungai, menyebab pasar tersebut direndam air, ''Hasil pantauan kita air setinggi 90 hingga 110 centimeter, air masuk ke toka milik masyarakat,'' ujarnya.

Terang Suwendi, kedepan intansi terkait perlu melakukan normalisasi terhadap aliran sungai dan membongkar bangunan yang ada di atas daerah aliran sungai tersebut, sebab selain tingginya debit air juga karena bangunan membuat alur sungai jadi menyempitkan.

''Tapi kini banjir tersebut sudah berangsur-angsur surut, tidak ada korban jiwa, namun barang-barang di ruko tersebut banyak yang tak bisa diselamatkan,'' ujar Suwendi.

Selain di Pasar Baru, saat ini pukul 16.00 Wib, air juga sudah mulai menerjang Ujungbatu Timur, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, air mulai naik, akibat meluapnya Sungai Ngaso, kini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Rokan Hulu membantu masyarakat untuk menyelamatkan harta benda mereka.

''Anggota kita saat ini sudah berada di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP dibantu tim Mapolsek Ujung Batu, TNI, pihak pemerintah kecamatan, sedangkan kerugian masih dalam konteks pendataan,'' pungkas Suwendi. (ram)