BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Warga Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau tiba-tiba dikejutkan dengan keluarnya kepulan asap di daerah tersebut. Selain mengeluarkan asap, tanah di sekitar lokasi juga retak dan panas.

Kejadian itu sontak membuat warga beramai-ramai ingin melihat lokasi tersebut. Dan dalam sekejap, ratusan warga sudah berada di lokasi, termasuk Kapolsek Bangko, Danramil dan Lurah Bagan Barat.

''Tanahnya jadi retak dan panas. Di dekat itu ada air tergenang, bunyinya menggelegak. Kalau untuk memasak telur mungkin bisa jadi matang,'' kata Jumadi (46), Ketua RT di Gang Karya Jalan Utama, yang ikut menemukan lokasi itu kepada GoRiau.com melalui telepon, Selasa (21/4/2015).

Penemuan tanah yang mengeluarkan asap baru bukan pertama kali terjadi didaerah itu. Sebelumnya ada juga warga menemukan air menggelegak (mendidih) di ujung Jalan Makmur, Kepenghuluan Bagan Jawa. Malahan di sekitar lokasi itu, ditemukan sesajen beraneka rupa. Hingga kini tempat itu masih sering dikunjungi warga yang lebih dikenal dengan sebutan ''Perigi Menggelegak''.

Berbeda dengan penemuan warga di Jalan Utama. Lokasi ini berdekatan dengan tempat pembuatan kapal kayu di pinggiran sungai Rokan. Timbulnya asap hanya sebentar. Namun warga tidak mencium aroma gas. ''Memang cukup aneh. Tadi Danramil udah coba menyulut api untuk memastikan apakah yang keluar itu gas. Namun tidak terbakar,'' kata Junaidi.

Setelah asap tidak kelihatan, beberapa warga mencoba menggali tanah agak lebih dalam. Namun usaha mereka tidak membuahkan hasil. Kapolsek Bangko, Kompol M. Nurhadi meminta warga untuk waspada. Khawatir nanti sewaktu waktu lokasi itu kembali mengeluarkan asap. Dia meminta kepada warga untuk segera melaporkan kepada apartur setempat jika ada tanda tanda mencurigakan. (amr)