BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Bakal calon Bupati yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa, akhirnya sampai penetapan dua calon. Kedua nama yang diusulkan PKB sudah diserahkan kepada DPP.

''Kita sudah tetapkan dua nama calon bupati dari PKB, yaitu Syafruddin dan Syarifuddin,'' kata anggota DPRD yang juga Ketua PKB Rohil, Syarifuddin kepada GoRiau.com, Senin (18/5/2015) di ruang kerjanya.

Penetapan itu, kata Syarifuddin, mengingat calon kuat yang diusung partai Gerindra adalah Syafruddin atau akrab disapa Iput yang merupakan mantan Kadis Cipta Karya.

Jumlah kursi PKB di DPRD adalah sebanyak 5 kursi dan jika digabungkan dengan partai Gerindra yang memperoleh 5 kursi, setidaknya akan melebihi syarat yang ditetapkan KPU bahwa bakal calon bupati harus didukung 9 kursi di DPRD.

''Selain koalisi PKB dan Gerindra, kita juga akan menggandeng partai lain. Minimal, lima partai lah,'' sebutnya.

Dikatakannya, seperti partai lain, calon yang diusung PKB akan melalui fit and propert test. Apalagi DPP memberikan keleluasaan kepada daerah untuk menentukan siapa bakal calon Bupati yang akan diusung.

''Yang mengerti adalah daerah. Siapapun bisa dicalonkan baik itu kader, cendekiawan ataupun tokoh masyarakat. Hanya DPC yang mengetahui siapa yang cocok,'' kata Syarifuddin.

Dia menambahkan, untuk menetapkan cabup, PKB sudah melakukan survey sama halnya dengan partai Gerindra. Itu tergantung tingkat kepopuleran dan elektalibilitasnya sesuai keinginan PKB itu sendiri. (amr)