BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Untuk menjaga tradisi malam 27 Ramadan, Pemkab Rohil, Riau, akan mengadakan festival lampu colok dan pawai takbiran Idul Fitri 1436 H. Rencana itu disampaikan Plt Sekdakab Rohil, Drs Surya Arpan,M.Si pada rapat di lantai IV kantor Bupati Rohil, senin (29/6/2015).

Dikatakan Sekda, perlombaan pawai meliputi pawai ta'aruf, lomba miniatur dan non miniatur, serta lomba lampu colok dilaksanakan antar kelurahan dan kepenghuluan.

Untuk lomba pawai, diikuti semua SKPD, instansi serta swasta dan masjid di Kecamatan Bangko. Sedangkan, untuk lampu colok dilombakan atas nama desa atau kelurahan.

Menurutnya, undangan dan pemberitahuan dalam rangka pelaksanaan acara itu akan disampaikan melalui undangan dan pemberitahuan.

Dalam penampilan lomba miniatur, juri akan menilai pada saat pawai. Sedangkan untuk lampu colok ada tim yang turun ke desa dan kelurahan. Selain itu, panitia juga menyiapkan hadiah bagi pemenang, jadi diharapkan semua ikut berpartisipasi pada malam takbir nanti.

Selain itu, perlombaan lampu colok, ulas Sekda, yang menjadi penilaiannya adalah jumlah terbanyak sehingga bagi desa atau kelurahan yang terbanyak akan diutamakan. ''Saya pikir kalau masyarakat kompak pasti menang,'' katanya.

Sementara itu, asisten III Sekdakab Rohil, Ali Asfar, mengungkapkan bahwa kegiatan ini tidak dianggarkan dalam APBD, namun pihaknya tetap mengupayakan perlombaan ini bisa berjalan dengan baik. (amr)