BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Ketua KPUD Rokan Hilir yang baru saja menjabat, Ir Agus Salim mengatakan, pelaksanaan pemilu kepala daerah atau menurut UU No 1 tahun 2015 disebut "Pemilihan", pada dasarnya KPUD sudah siap. Keoptimisan itu mengingat pengalaman pemilu terdahulu.

" Namun persoalannya, hingga kini kita masih belum melihat berapa alokasi anggaran yang akan dikucurkan pemerintah daerah untuk pemilihan serentak tahun ini," kata Agus Salim yang menggantikan posisi Azhar Syakban kepada GoRiau.com, Kamis (5/3/2015) di ruang kerjanya.

Dia mengungkapkan, sejauh ini, belum ada sepucuk surat pun dari KPU pusat terkait aturan pemilihan serentak akhir tahun ini. Meskipun demikian, anggaran untuk pemilihan berkemungkinan disamakan dengan kabupaten lainnya di Provinsi Riau.

Anggaran itu mungkin saja ramping dengan penghematan pada atribut dan kampanye. Namun untuk honor KPPS, itu sudah menjadi pemikiran KPUD agar bisa dialokasikan dalam pelaksanaan pemilihan nanti. ''Jika tanpa honor, tak mungkin KPPS akan bekerja,'' tuturnya.

Dikatakan Agus, KPUD memastikan agar biaya pemilihan umum kepala daerah tetap bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dengan demikian, tidak ada biaya penyelenggaraan Pilkada yang mengucur dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Karena dana yang mengucur dari APBD selama ini masih sesuai dengan standar menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 57 tahun 2009 tentang pedoman pengelolaan dana Pilkada. (amr)