BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Meningkatnya intensitas kabut asap di beberapa wilayah Kabupaten Rokan Hilir menimbulkan kekhawatiran sebagian pihak termasuk pemerintah kabupaten Rokan Hilir. Tidak ayal, pada pagi hari rabu (2/9/2015), Bupati langsung terjun kelapangan untuk membagi bagikan masker.

''Asap ini bukan berasal dari kita. Dari hasil pantauan satelit, ini asap kiriman dari Jambi dan Sumsel," kata Bupati Rokan Hilir usai membagi bagi masker didampingi Plt Sekda Rohil, Drs Surya Arpan, M.Si, Kadis Kesehatan, Dr.HM.Junaidi Saleh dan BNPB, Azhar, SE, M.Si disamping kantor Bupati Rokan Hilir.

Namun demikian, Suyatno tidak menafikan masih ada 2 titik api yang terdapat di Kecamatan Bangko Pusako berdasarkan data yang disampaikan Dinas Kehutanan. Untuk mengantisipasi kebakaran tidak meluas, tim pemadam kebakaran sudah diterjunkan kesana.

Disaat pembagian masker, Suyatno dengan cekatan mengenakan masker kepada pengendara yang berhenti. Begitu juga dengan Plt Sekda Rohil, Drs Surya Arpan. Tanpa sungkan, ia memasang masker kepada petugas kebersihan yang sedang istirahat dipinggir jalan. Masyarakat sangat antusias menerima masker yang dibagi bagi petugas RSUD Bagansiapiapi. Mereka langsung mengenakan masker yang memang sedang dibutuhkan untuk melindungi dari asap yang mengganggu kesehatan.

'''Pembagian masker ini sebagai salah satu cara untuk melindungi masyarakat kita agar terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh asap kebakaran lahan yang saat ini masih terjadi," tutur Suyatno. (amr)