BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - Sebanyak 311 Jemaah Calon Haji (JCH) menghadiri acara peresmian pembukaan manasik haji di aula gedung serbaguna, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (29/7/2015).

Acara peresmian itu langsung dibuka oleh Bupati Rokan Hilir, Suyatno, A.Mp dan dihadiri Wakil Bupati Rohil Erianda SE, Ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan, Asisten III Bidang Kesra H. Ali Asfar S.Sos M.Si, Kepala Kemenag Rohil H.Agustiar S.Ag, para kepala dinas dan badan.

Dalam penyampaiannya, Bupati Rokan Hilir, Suyatno,A.Mp mengatakan, kegiatan manasik Haji bertujuan untuk mencapai kesucian jiwa dalam rangka mewujudkan haji yang mabrur.

Dikatakannya, setiap tahun jumlah JCH Rohil terus meningkat hingga pada tahun 2015, JCH Rohil yang siap diberangkatkan ketanah suci sebanyak 311 orang yang terdiri dari kecamatan Bangko 51 JCH, Bagan Senembah 102 JCH, Rimba Melintang 8 JCH, Kecamatan Pujud 24 JCH, Tanah Putih Sedinginan 27 JCH, Pasir Limau Kapas 2 JCH, Kubu 32 JCH, Tanah Putih Tanjung Melawan 8 JCH, Bangko Pusako 22 JCH, Simpang Kanan 25 JCH, Batu Hampar 3 JCH, Rantau Kopar 6 JCH, dan Sinaboi 2 JCH.

Dengan adanya bimbingan manasik haji ini, Pemkab dan masyarakat Rohil berharap kepada JCH selama mengikuti manasik tersebut dalam keadaan sehat walafiat. Bimbingan manasik haji ini akan berjalan selama tiga hari kedepan yakni 29 hingga 31 Juli 2015.

Dia mengingatkan, JCH yang belum pernah menunaikan ibadah haji, harus banyak membaca buku, salat dan kegiatan lainnya. Sementara bagi JCH yang sudah pernah menunaikan Ibadah haji diminta untuk memperdalam hajinya.

Suyatno meminta kepada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Rohil, sebelum JCH berangkat, harus mengecek kesiapan Armada Trasportasi Bus yang nantinya akan membawa para JCH.

Dia mengharapkan kejadian tahun lalu tidak terulang kembali, dimana pada waktu itu salah satu Bus bocor. Untuk mengganti ban serap yang ada dibus itu tidak memiliki kunci untuk membuka dan memasang ban tersebut. Sehingga para JCH terpaksa berjam-jam menunggu. (amr)