PEKANBARU, GORIAU.COM - Dispora Riau memastikan realisasi bonus untuk atlet dan pelatih berprestasi pada Popnas XII dan Peparpenas VI akan dilangsungkan besok, Kamis (24/10/2013) di Taman Rekreasi Alam Mayang, Pekanbaru. Total anggaran yang dikucurkan sebesar satu miliar lebih.


Namun pemberian bonus tersebut bukan agenda utama yang digelar Dispora Riau, tetapi lebih kepada rentetan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85. Artinya pemberian bonus akan disisipkan pada hari besar tersebut.


Kabid Olahraga Dispora Riau, Zulkifli Rahman kepada GoRiau.com, Rabu (23/10/2013), mengatakan, dalam agenda terbut sekaligus Pembubaran Kontingen Popnas dan Peparpenas Riau. "Jadi pemberian bonus ini merupakan sisipan dari agenda utama Peringatan Hari Sumpah Pemuda," kata Zulkifli.


Untuk Popnas sendiri, Dispora Riau mengucurkan anggaran sebesar Rp705.250.000. Atlet peraih emas nomor perorangan akan menerima sagu hati sebesar Rp17.5 juta, perak sebesar Rp12.5 juta dan perunggu sebesar Rp7.5 juta.


Kemudian untuk beregu, masing-masing atlet peraih emas akan menerima Rp7.5 juta, perak sebesar Rp5 juta dan perunggu sebesar Rp3.5 juta. Sementara untuk pelatih perorangan masing-masing menerima setengah dari total yang diterima atlet.


Sementara untuk bonus Peparpenas, total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp351 juta dengan rincian atlet perorangan peraih emas menerima sebesar Rp12 juta, perak sebesar Rp10 juta dan perunggu sebesar Rp7.5 juta. Kemudian untuk pelatih peraih emas akan diberikan sebesar Rp7 juta, perak sebesar Rp5 juta dan perunggu sebesar Rp3.5 juta.


Pada Popnas, Riau berhasil merengkuh sepuluh medali emas, 12 perak dan 18 perunggu. Sementara pada Peparpenas Riau merengkuh 13 medali emas, empat perak dan empat perunggu.(tri)