PEKANBARU - Dalam rangka mengantisipasi jalan yang rawan kecelakaan, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau telah menemukan sebanyak 29 sebaran rawan kecelakaan maupun Spot area pada empat lintasan jalur mudik lebaran.

"Daerah rawan di lintas barat berada di Pekanbaru yang menghubungkan ke Kabupaten Kampar hingga perbatasan Provinsi Sumatera Barat. Ada enam lokasi daerah rawan kecelakaan dengan potensi kerawanan meliputi rawan longsoran tebing dan jurang yang disertai dengan tikungan tajam," ungkap Kadishub Riau, Rahmat Rahim kepada GoRiau.com, Jumat (24/6/2016) di Pekanbaru.

Selanjutnya, beberapa daerah rawan juga dijumpai dari daerah Tandun, Kabupaten Rokan Hulu sampai dengan Dalu-dalu menuju perbatasan Rohul dengan Provinsi Sumatera Utara yang potensi rawan kecelakaan disebabkan kondisi jalan yang menikung dan bergelombang. Setidaknya ditemukan tiga lokasi disepanjang ruas jalan tersebut.

"Lintas selatan yang menghubungkan Kota Pekanbaru-Teluk Kuantan-batas Sumbar ditemukan sebanyak lima lokasi rawan dengan potensi kerawanan disebabkan kondisi jalan berlubang di beberapa titik," imbuhnya.

Masih dijelaskan Rahmat, untuk di lintas timur yang menghubungkan Kota Pekanbaru-Rengat-Kuala Cenaku ditemukan delapan lokasi rawan dengan potensi kerawanan pada bahu jalan longsor, jalan yang sempit dan padat penduduk selain juga dijumpai beberapa titik kerusakan jalan.

Sementara, pada lintas utara ditemukan enam lokasi rawan dengan potensi kerawanan disebabkan kondisi jalan yang bergelombang dan tikungan tajam ganda serta beberapa titik kondisi bahu jalan kurang baik sehingga berpotensi rawan longsor. ***