PEKANBARU, GORIAU.COM - PTPN V memberikan bantuan ternak kambing sebanyak 300 ekor untuk desa Senama Nenek Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar dan Desa Bangkal Kecamatan Kelayang Malang Kabupaten Indaragiri Hulu, Senin s/d Rabu (24 s/d 26/11/2014). Perusahaan menyerahkan sedikitnya 175 ekor kambing kepada 7 kelompok tani di Desa Senama Nenek dan 125 ekor kambing untuk 5 kelompok tani di Desa Bongkal Malang. Khusus untuk Bongkal Malang, Perusahaan perkebunan sawit dan karet di Riau itu juga menyerahkan dua unit mesin pembuat batako.

Hadir dalam penyerahan tersebut, Kepala Urusan PKBL Nelvi Yenti, Kepala perwakilan Lembaga Penelitian Unri Ir. Hamdi Hamid, serta jajaran Muspida setempat. Serah terima bantuan dilaksanakan di Kantor Kebun PTPN V Sei Kencana untuk Desa Senama Nenek dan Mess Kebun PTPN V Air Molek untuk masyarakat Desa Bongkal Malang. Direktur Keuangan PTPN V melalui Kepala Bagian PKBL H. Jabir S.Sos M.Si menyebutkan pemberian bantuan ternak kambing tersebut merupakan realisasi program bina lingkungan yang ada di PTPN V.

''Hari ini kita menyerahkan bantuan bina lingkungan PTPN V dalam bentuk ternak kambing untuk 60 KK yang ada di 12 kelompok tani dengan nilai mencapai Rp 360 juta,'' sebut Jabir.

''Selain menyerahkan bantuan ternak kambing, perusahaan juga memberikan bantuan pembangunan kandang ternak dan perlengkapan pemeliharaannya”, tambahnya lagi.

Memang dalam persiapan sarana prasarana ternak, ternyata PTPN V juga membangunkan kandang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Universitas Riau serta memberikan angkong, cangkul, sekop, sabit dan batu asah sebagai peralatan penunjang.

''Tujuan pemberian bantuan ini tak lain adalah sebagai wujud kepedulian Perusahaan terhadap masyarakat dan merupakan upaya kita bersama dalam mendukung program pengentasan kemiskinan oleh Pemerintah,'' urai Jabir.

''Untuk Desa Bongkal Malang, kami juga serahkan 1 mesin pencetak batako kepada dua kelompok tani yang masing-masing kelompok terdiri dari 12 Kepala Keluarga,'' katanya.

Kabag program Kemitraan PTPN V Pekanbaru H. Jabir S.Sos, M.Si menyampaikan harapannya agar masyarakat penerima bantuan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan.

''Dalam rangka untuk menunjang penghasilan bagi masyarakat desa, saya mengharapkan agar ternak ini bisa dikembangbiakkan dengan baik sehingga Desa Senama Nenek dan Bongkal Malang mampu tumbuh jaadi desa sentra produksi kambing di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Kampar dan Kabupaten Indragiri Hulu,'' harapnya.

Untuk itu, PTPN V juga mencanangkan tidak akan memberikan batuan lepas, namun juga akan melakukan evaluasi atas pelaksanaannya dilapangan. ''Kedepannya kami akan melakukan evaluasi setiap tahunnya,'' tutup Jabir. (rls)