PEKANBARU, GORIAU.COM - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau menerima laporan bahwa baru dua kabupaten yang siap melaksanakan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Dua kabupaten tersebut yakni Siak dan Indragiri Hilir (Inhil) Sementara sisanya belum menyatakan kesanggupan untuk melaksanakan dengan sistem komputer tersebut.

Kepala BKD Provinsi Riau, M Guntur, Senin (18/8/2014), menyebutkan, memang kendala utama pelaksanaan tes CPNS di hampir seluruh wilayah di Indonesia adalah penetapan ujian dengan sistem CAT.

"Sejauh ini baru Siak dan Inhil yang siap melaksanakan ujian dengan sistem CAT, sementara yang lain belum menyatakan kesanggupan," ujar Guntur.

Kendala utama yang dihadapi tentu saja mengenai ketersediaan fasilitas atau perangkat komputer, ditambah lagi harus sesuai spesifikasi menjalankan program CAT itu sendiri. Kendala lain adalah belum seluruh daerah yang pesertanya mengerti secara keseluruhan untuk mengoperasikan komputer.

Sistem CAT merupakan ujian menggunakan komputer. Berbeda dengan ujian-ujian sebelumnya, ujian dengan sistem CAT akan menghadapkan peserta dengan hasil ujian setelah semua soal terjawab. Artinya, peserta sudah bisa mengetahui hasilnya setelah menjawab semua soal dengan waktu yang telah ditentukan.

Sementara untuk Pemprov Riau sendiri, dijelaskan Guntur, pihaknya akan menumpang di Kantor Regional Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Provinsi Riau untuk keikutsertaan peserta.***