PEKANBARU, GORIAU.COM - Jembatan Siak III Pekanbaru sudah bisa dilewati sejak, Rabu (24/12/2014) kemarin. Kemacetan di Leighton I (Jembatan Siak I) sudah bisa diurai karena tidak lagi dipaksa untuk jalur dua arah.

Namun di balik itu, ternyata timbul masalah baru. Saat malam, Jembatan Siak III harus gelap-gelapan. Lampu penerangan ternyata belum bisa dimaksimalkan. Tidak berfungsinya lampu ini, sangat membahayakan pengendara jika melintas di malam hari.

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Riau, Syafril Buchari, membenarkan belum dinyalakannya lampu penerangan di jembatan tersebut. "Informasinya, memang ada kabel-kabel yang sudah putus," katanya.

Syafril mengatakan, saat ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, sedang melakukan perbaikan jaringan lampu jembatan. "Karena untuk penerangan lampu jembatan ini, memang tanggungjawab mereka," sebutnya.

Oleh sebab itu, Syafril berharap, agar lampu penerangan jembatan ini segera berfungsi. "Kalau tidak, tentu akan membahayakan pengendara di malam hari," katanya, di sela-sela pembukaan jembatan.

Seperti diwartakan, Jembatan Siak III, kemarin sekitar pukul 17.10 Wib, resmi dibuka kembali untuk umum. Warga Rumbai dan sekitarnya pun menyambut baik berfungsinya kembali jembatan tersebut.

Sebelumnya, warga hanya menggunakan Jembatan Siak I untuk akses menuju pusát kota. Kondisi ini mengakibatkan kemacetan panjang setiap harinya. Belum lagi kecemasan warga terhadap kondisi jembatan yang sudah lawas.***