PEKANBARU, GORIAU.COM - Kebutuhan masyarakat di Riau mengonsumsi masih rendah. Tahun ini, kebutuhan per kapita masih berada pada 38,08 kg per orang setiap tahun. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mencanangkan target menaikkan rutinitas tersebut.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlu) Provinsi Riau, Surya Maulana, menyebutkan, butuh sosialisasi dan penerapan sistem yang bagus untuk pengelolaan dan budidaya ikan ke depan.

Dimana Pemprov Riau mengikat target konsumsi ikan bisa mencapai 42 kg per orang pada tahun depan. "Tentunya sosialisasi dan pemasaran ikan harus dikuatkan dengan kualitas ikan itu sendiri," kata Surya.

Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau ini menyebutkan, langkah tepat yang harus digarap pemerintah bersama pelaku usaha ikan adalah bagaimana menempatkan pakan ikan sebagai kebutuhan pokok bagi masyarakat.

"Kesehatan dan kualitas ikan harus diutamakan. Masyarakat akan beralih jika syarat itu tidak terpenuhi," ujar Surya.

Koordinasi juga dilakukan bersama kabupaten dan kota untuk meningkatkan konsumsi ikan sebagai kebutuhan bagi masyarakat. Langkah terdekat yang akan digarap adalah membuat neraca perbandingan antara kebutuhan dengan produksi.

"Di situ baru terlihat berapa produksi dan berapa kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi," tandas Surya.

Pemprov Riau juga berupaya bagaimana budidaya ikan di Riau bisa terus dimaksimalkan. Karena sejauh ini, belum semua potensi yang sudah digarap pemerintah.***