PEKANBARU - Satu rumah bulatan dan empat kontrakan di kawasan padat penduduk, Jalan Lily Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (23/7/2016) siang ludes dilalap si jago merah. Saksi mata sempat mendengar suara ledakan dari tabung gas.

Data yang dirangkum GoRiau.com, api diketahui membesar sekitar pukul 12.00 WIB, Sabtu siang. Ketika itu salah seorang pemilik rumah bernama Eksmon dikejutkan oleh asap di atap dapur rumahnya.

Bergegas Eksmon mengevakuasi ketiga anak dan istrinya yang tengah istirahat siang di dalam kamar. Setelah semuanya aman, Eksmon spontan minta tolong warga sekitar. "Saat itu api sudah menjalar di belakang," ungkap Kapolsek Payung Sekaki, AKP NM Marbun.

Warga yang melihat api menjalar di atas bergegas membantu sembari mengevakuasi barang-barang dan memadamkan api seadanya. Saat itu lah tiba-tiba terdengar ledakan dari tabung gas di dapur, membuat mereka berhamburan ke luar.

Seiring dengan ledakan, api kian besar menjalar ke kontrakan lainnya yang memang rapat posisinya. "Ada satu rumah bulatan dan empat kontrakan terbakar. Kerugian belum bisa kita taksir. Untuk korban jiwa nihil," jawabnya di lokasi kebakaran.

Lima mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) diturunkan memadamkan api. Tak sampai satu jam, kobaran api berhasil dijinakkan, meski situasi terik. Upaya pemadaman sedikit berat, sebab akses masuk ke gang tidak bisa dilewati mobil.

"Kita sudah pasang garis polisi dan meminta keterangan sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab kebakaran," singkap NM Marbun menguraikan. ***