PEKANBARU, GORIAU.COM - Ali Akbar, pakar SEO internasional pemegang sertifikat dari Search Engine Academy Asia hadir di Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau dalam Workshop e-Business. Sabtu (20/9/2014). Kegiatan ini dilaksanakan di gedung teater Fakultas Sains dan Teknologi yang ditaja oleh jurusan sistem informasi (SI).

Workshop e-Business (electronic business) dipersembahkan untuk mahasiswa jurusan sistem informasi UIN Suska Riau. Dalam kegiatan ini mahasiswa diperkenalkan berbagai contoh aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi, dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.

Demikian disampaikan Siti Monalisa,ST,.MKom Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Workshop e-Business kepada wartawan saat ditemui di Gedung Teater Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau,

Menurut Monalisa kegiatan Workshop dengan mengambil tema ''e-Business solusi tepat menjadi Entrepreneurship'', tema ini sejalan dengan materi perkuliahan yang di dapatkan mahasiswa jurusan sistem informasi, karena e-Business adalah bisnis dengan segala aktivitasnya yang dilaksanakan di atas infrastruktur teknologi informasi, khususnya Internet.

Pada kegiatan ini, peserta antusias mengikuti workshop, sekitar 150 peserta berpartisipasi pada kegiatan yang terdiri dari para mahasiswa jurusan sistem informasi. Sebelumnya mereka, mendaftar terlebih dahulu tanpa dibebani biaya. Antusiasme peserta nampak terasa saat sesi materi mulai dibawakan oleh bapak Ali Akbar, pakar SEO internasional.

Dari pantauan pada acara Workshop, Ali Akbar selaku pemateri menyampaikan secara lugas, inspiratif. Beberapa rahasia metode promosi e-Business yang populer dan mutakhir seperti Search Engine Optimization (SEO), Domain Name Strategy, Social Web Site, Blog Campaign, Affiliate Program, e-Newsletter, Text Advertisement (Google AdSense), Web Accessibility for Difabled (Differently Abled) people, serta metode-metode evaluasinya, juga dibahas secara sederhana dan runut disertai contoh-contoh kasus.seolah membuat ruang Seminar seperti terbakar Api SEMANGAT dari para peserta Workshop, workshop Kali ini terasa sangat Hidup berkat Peserta yang sangat Aktif dan Responsif penuh antusias dalam menerima Setiap Materi Yang diajarkan kali ini oleh Ali Akbar, pakar SEO.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/22092014/uin2jpg-1398.jpgPeserta workshop berfoto bersama usai acara.Ali Akbar, pakar SEO internasional yang juga seorang pengusaha, berbagi wawasan tentang praktik optimasi dan bisnis. Menurut Ali akbar, internet kini menjelma menjadi ladang bisnis yang basah. Banyak pengusaha kini beralih ke bisnis online dan berlomba-lomba untuk bisa tampil di halaman pertama mesin pencari Google. Tak pelak jasa SEO atau optimasi menjadi bisnis yang tumbuh subur.

''Awalnya saya tertarik belajar SEO karena saya tahu ada banyak uang di sini. Saya tinggalkan pekerjaan saya waktu itu dan memperdalam SEO di Search Engine Academy Asia. Pada waktu itu, internet belum banyak dilirik untuk berbisnis,'' katanya.

''Setelah saya dalami, ternyata SEO tidak bisa berdiri sendiri. Ia harus didampingi oleh CRO dan LBO. CRO adalah Conversion Rate Optimization dan LBO adalah Local Business Optimization. Nah, ketiganya inilah yang disebut ilmu optimasi,'' jelasnya.

Misalnya, jika situs kita dikunjungi oleh 10 orang, tapi yang menghubungi kita atau membeli produk kita hanya 1 orang, maka itu artinya tingkat konversi kita rendah.

Jika kita melakukan pencarian suatu produk, maka di hasil pencarian halaman satu Google ada banyak situs menawarkan produk sejenis. Beberapa situs menampilkan nomor kontak pada deskripsinya, tapi ada yang harus dibuka dulu situsnya baru ditemukan nomor kontak atau bahkan ada yang setelah dibuka tapi tak ada nomor kontak. Kira-kira situs mana yang akan Anda pilih untuk dihubungi?

Tentu, situs yang memiliki nomor kontak dan nomor kontaknya mudah dilihat tanpa harus membuka situs, bukan? Oleh karena itu, penting bagi para pengusaha untuk menampilkan nomor kontak di halaman pertama Google tanpa perlu pengunjung membuka situs. Itulah CRO.

Kalau LBO adalah cara optimasi agar website kita tampil di halaman pertama pencarian lokal. Misalnya, kita mencari dengan kata kunci 'hantu pocong' maka kita bisa temukan apa saja situs yang menampilkan pocong tampil di halaman pertama Google.

Seperti kisah sukses mahasiswa trisakti yang berhasil mempopulerkan penjualan buku 'Poconggg Juga Pocong',karya Arief Muhammad yang populer di Twitter lewat akun @poconggg.Sehingga dalam waktu yang singkat buku itu di angkat menjadi Film oleh produser Maxima Pictures.bayangkan saja popularitas 'Poconggg Juga Pocong' melejit yang ternyata di dalangi oleh seorang mahasiswa yang gak tamat-tamat kuliah namun dia dapat uang banyak dari pasar daunia maya.

lanjut ,Ali Akbar mulai membandingkan mana yang lebih penting SEO atau konten. "Bahasanya konten is the king, traffic is the queen, but distribution is king kong. Misalnya, di halaman satu sebuah web dikunjungi 1.000 orang yang berarti traffic-nya 1.000. Tapi, konversinya rendah, katakan yang membeli hanya satu pengunjung, berarti konversinya 1 berbanding 1.000," jelasnya

Sedangkan ada website lain yang pengunjungnya hanya lima, tapi kelimanya membeli. Kira-kira mana yang lebih dipilih pengusaha? Tentu yang lima pengunjung tapi mereka membeli semua, kan? Inilah yang disebut konversi.

Nah, beda antara jualan dengan menulis. Kalau menulis kepentingannya apa? Apa yang lagi happening? Maka, postinglah dengan kata kunci-kata kunci yang lagi happening.

Jadi, mana lebih penting SEO atau konten? Tergantung kepentingannya. Kalau untuk bisnis, masukkan nomor kontak dan posting konten di situs komunitas. Kalau untuk tulisan maka posting-lah dengan kata kunci-kata kunci tertentu. (rls)