PEKANBARU, GORIAU.COM - Provinsi Riau terpaksa mengimpor ribuan ekor sapi menjelang Idul Adha 1435 Hijriah ke Lampung dan Sumatera Selatan (Sumsel). Ditambah lagi tercatat, kebutuhan daging untuk Hari Raya Kurban tersebut mengami peningkatan.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau mencatat kebutuhan sapi jelang hari raya tersebut mencapai 23 ribu ekor. Sementara tahun sebelumnya hanya memasok 21 ribu ekor sapi.

"Tahun ini meningkat, kita pasok dari Lampung dan Sumsel sebanyak 23 ribu ekor. Mudah-mudahan ini tercukupi," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Zailani Arifsyah.

Diakui Zailani, hingga saat ini Riau belum bisa memenuhi kebutuhan akan ketersediaan sapi kurban. Namun begitu, meski dipasok dari luar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama dinas dan instansi terkait tetap melakukan pengawasan kesehatan terhadap hewan kurban.

"Tim kesehatan tetap diprioritaskan untuk memantau kesehatan hewan dan daging. Begitu juga dengan kabupaten dan kota. Jadi, jika nantinya ditemukan kejanggalan, maka tim akan melakukan pemeriksaan dan melaporkan," lanjut Zailani.***