DENPASAR, GORIAU.COM - Tiga suara dari Riau yaitu Kampar, Dumai dan Rokan Hulu menentukan kemenangan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) pada Kongres IV PAN di The Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Minggu (1/3/2015).

Sebab, menurut Ketua DPD PAN Kampar Yurjani Moga kepada GoRiau.com, di Denpasar, Bali, Selasa, (3/3/2015), kemenangan Zulkifli Hasan hanya tipis yakni enam suara (292 suara berbanding 286 suara) dari pesaingnya Hatta Rajasa. ''Jika suara kita ke Hatta Rajasa, tentu akan draw, kemenangan bisa tertunda, '' katanya meyakinkan.

Dikatakan, sejak awal dirinya bersama Ketua DPD PAN Dumai Zainal Abidin dan Ketua DPD PAN Rohul Erizal mengambil posisi berseberangan dengan Ketua dan Sekretaris DPW PAN Riau Herliyan Saleh dan Herman Gazali. Mereka memilih mendukung Zulkifli, sedangkan Herliyan dan Herman serta sembilan ketua DPD lainnya mendukung Hatta Rajasa.

''Sejak awal kita yakin Bang Zul akan menang karena didukung Pak Amien (Rais) dan tokoh-tokoh senior PAN. Kita menghormati dan menghargai Pak Amien karena beliau masih merupakan roh di PAN,'' ujar Moga. Karena itu, mantan Wakil Ketua DPRD Kampar ini sangat bersyukur atas kemenangan ini.

Ketua DPD PAN Rohul Erizal berharap kemenangan Zulkifli Hasan akan memberikan angin segar kepada PAN. Apalagi Ketua MPR RI itu akan memberikan otonomi seluas-luasnya kepada DPD, terutama untuk penentuan Pilkada, Pileg dan ketua DPD. ''Bang Zul juga akan menggalakkan program advokasi ke masyarakat,'' ujarnya.

Terhadap sikap yang akan diambil kepada Ketua dan Sekretaris DPW PAN Riau yang tidak menghormati pendiri dan Ketua MPP PAN, Amien Rais, ketika datang ke Riau beberapa waktu lalu, baik Moga maupun Erizal tak mau berkomentar banyak. ''Kita serahkan saja kepada DPP PAN yang terpilih. Mereka sudah tahu itu,'' ujarnya. ***