PEKANBARU, GORIAU.COM - Demi memantau kinerja dan program-program yang berjalan pada APBD Riau 2014, Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman akan 'menggilir' Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Plt Gubri ingin mendengar laporan kegiatan sepanjang 2014 ini oleh masing-masing SKPD. "Saya akan datangi satu per satu SKPD setiap harinya. Hari ini (Rabu, red) saya akan turun ke Dinas Pendidikan," kata Plt Gubri.

Selain itu, Plt Gubri juga meminta laporan seluruh program baik yang sedang berjalan maupun akan digagas harus berhubungan langsung dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau.

Karena Plt Gubri tidak ingin kegiatan yang dijalankan masing-masing SKPD tidak keluar dari jalur RPJMD yang sudah disahkan. "Kita ingin seluruh kegiatan berhubungan dan berkaitan dengan RPJMD," tegasnya.

Plt Gubri akan turun langsung ke seluruh SKPD dengan 'menyicil' setiap harinya. "Kalau bisa 2 setiap harinya. Ini bukan sidak, tetapi koordinasi dengan masing-masing SKPD," ungkapnya.

Pantau SDM di SKPD

Selain melakukan koordinasi dengan program-program yang berjalan, Plt Gubri juga akan memantau kinerja seluruh pegawai di SKPD masing-masing.

Karena ini juga berguna untuk persiapan Pemprov Riau menjalankan Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru pada 2015 mendatang. "SOTK baru akan kita jalankan pada 2015 mendatang," ungkapnya.

Saat ditanyakan mengenai mutasi, Plt Gubri mengaku bahwa posisinya saat ini tidak memiliki wewenang untuk itu. Oleh karena itu, perantauan Sumber Daya Manusia (SDM) di masing-masing SKPD juga sekaligus untuk memantau dan memetakan yang bisa 'dicaplok' untuk SOTK baru nantinya.

"Kalau satu-satu kita usulkan ke Kemendagri kan tidak mungkin, lebih baik sekaligus saja nantinya," tegas Plt Gubri.***