JAKARTA, GORIAU.COM - Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (Setjen DPD RI) akan menyelenggarakan workshop peningkatan dukungan kepada DPD RI melalui komunikasi dengan media massa bagi staf ahli anggota DPD RI, staf ahli alat kelengkapan DPD RI, Kepala Subbagian Rapat dan Operasional DPD RI, dan staf DPD RI. Tujuannya adalah memberikan wawasan dan pemahaman bagi mereka ihwal mengemas isu lokal yang berdampak nasional dan mengelolanya menjadi bahan berita media massa lokal dan nasional yang layak.

''Staf ahli yang mampu mengemas isu lokal dan mengelolanya menjadi bahan berita akan mendukung pertanggungjawaban politis para senator kepada masyarakat dan daerahnya. Kiprah para senator yang baik tentu saja akan mengangkat citra DPD RI. Dalam usianya yang satu dasawarsa, kami merasa eksistensi DPD RI belum tersosialisasi secara optimal,'' ujar Kepala Bidang Pemberitaan dan Media Visual DPD RI Mahyu Darma melalui rilisnya kepada GoRiau.com di Gedung DPD RI Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/12/2014).

Penyelenggaraan workshop untuk 200 peserta ini hari Rabu-Kamis (17-18 Desember 2014) di lantai 2 Gedung DPD RI. Narasumbernya adalah para pemimpin redaksi dan redaktur media massa yang berbasis di Jakarta seperti Pemimpin Redaksi detikcom Arifin Asydhad, Kepala Desk Nusantara Kompas Tri Agung Kristanto, Pemimpin Redaksi Suara Pembaruan, Investor Daily, dan BeritaSatu.com Primus Dorimulu; serta Direktur Pemberitaan/Penanggung Jawab Media Indonesia Usman Kansong.

Mahyu Darma berharap, setelah mengikuti workshop itu staf ahli anggota DPD RI, staf ahli alat kelengkapan DPD RI, Kepala Subbagian Rapat dan Operasional DPD RI, dan staf DPD RI akan berkontribusi bagi penguatan komunikasi para senator dengan media massa, khususnya menginformasikan kegiatan para senator yang mewakili masyarakat dan daerah serta para senator yang mewakili alat kelengkapan DPD RI. ''Kami berharap, ke depan, selain kepiawaian para senator dalam mengolah isu lokal, juga didukung staf ahli yang handal,'' tutupnya. (rls)