PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau telah menyiapkan moda angkutan laut sebanyak 100 unit kapal yang melayani sejumlah rute dengan kapasitas angkut sebesar 11.639 seat.

Demikian disampaikan oleh Kadishub Riau, Rahmat Rahim kepada GoRiau.com, Jumat (24/6/2016) di aula Dishub Riau saat melakukan ekpos kelancaran arus mudik lebaran.

"Moda angkutan laut telah kita persiapkan, ada seratus unit kapal berkapasitas 11.639 seat," jelasnya.

Sementara itu, Moda angkutan penyeberangan antar kota dalam provinsi, tersedia layanan lintas penyeberangan Dumai -Tanjung Kapal (Pulau Rupat) dengan jumlah armada yang tersedia sebanyak tiga unit yakni KMP Paray, KMP Kakap dan KMP Tasik Gemilang.

"Jam operasional pelayanan Senin sampai dengan Jumat sebanyak 12 trip per hari. Sabtu-Minggu KMP Kakap Melayani 8 Trip dan KMP Paray melayani 6 Trip," sambung Kadishub Dumai, Bambang Soemantri, Jumat siang.

Selain pelayanan lintas penyeberangan Dumai-Kampung Balak, tersedia juga pelayanan lintas penyeberangan Mengkapan-Kampung Balak yang dilayani oleh KMP Senangin dengan kapasitas angkut 290 orang dan 24 kendaraan bermotor campuran.

Adapun waktu operasional 3 trip per minggu yakni Selasa, Kamis dan Sabtu. Lintas penyeberangan antar provinsi juga telah diantisipasi yakni dengan rute Mengkapan-Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Kapasitasnya, 202 orang dan 19 unit kendaraan dapat melayani penumpang setiap hari Senin. ***