PEKANBARU, GORIAU.COM - Kegeraman warga Riau setelah hampir tiga pekan berada dibawah asap mulai terobati jelang kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sejak Jumat (14/3/2014) malam hingga Sabtu (15/3/2014) sore, hampir seluruh daerah di Riau sudah mendapatkan hujan.

Jika malam tadi hujan hanya dengan intensitas kecil, namun siang ini, hujan sudah mengguyur seluruh kawasan. Bahkan di Pekanbaru, khususnya di kawasan Bandara Sultan Syarif Kasim II, hujan lebat sudah mengguyur bandara yang sempat ditutup sementara hingga hari ini tanggal 15 Maret 2014.

Selain Kota Pekanbaru, hujan juga mengguyur Rokan Hulu, Kuansing, Indragiri Hulu, Mandau, Pelalawan, dan beberapa daerah lainnya. Sementara itu, Bengkalis, Meranti, Siak dan Dumai dikabarkan belum hujan, kalau pun hujan hanya pada beberapa daerah saja.

''Alhamdulillah, alhamdulillah, tempat kami sudah hujan, mudah-mudahan asap ini cepat berlalu, dan kita bisa beraktifitas seperti biasa,'' ujar Yasril, warga Jalan Arengka Pekanbaru kepada GoRiau.com, Sabtu (15/3/2014).

Ke Pekanbaru

Sementara itu, Pesawat Garuda Indonesia yang membawa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sempat mendarat di Batam karena gangguan kabut asap di Pekanbaru sudah diizinkan kembali terbang ke bandara tujuan.

''Pesawatnya sudah terbang kembali setelah ada informasi jarak pandang di Pekanbaru diatas 1.500 meter,'' kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Sabtu.

Ia mengatakan, jika pesawat tidak bisa mendarat di Pekanbaru kemungkinan akan kembali ke Jakarta atau Yogyakarta. ''Informasinya kalau tidak bisa mendarat di Pekanbaru pesawat Garuda Indonesia yang membawa Pak Presiden akan kembali ke Jakarta atau Yogyakarta,'' kata dia.

Djoko mengatakan, pesawat tersebut terpaksa mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sekitar pukul 14.30 WIB karena gangguan kabut asap di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau.

"Pak Presiden sempat turun dari pesawat, sebelum akhirnya pesawat terbang lagi," kata Djoko.

Pantauan Antara, pengamanan kawasan bandara diperketat. Sejumlah petugas kepolisian dan TNI berjaga-jaga pada seluruh persimpangan jalan menuju bandara. Di dalam bandara juga nampak sangat ketat dari unsur TNI dan Polri. (nti/ant)