PEKANBARU, GORIAU.COM - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau mewacanakan bonus untuk Popnas XII dan Peparpenas VI sekaligus akan direalisasikan pada 24 Oktober 2013 mendatang di Pekanbaru. Khusus untuk Peparpenas akan diterima sebanyak 12 paralimpian.

Wakil Ketua Kontingen Riau di Peparpenas VI, Gunawan Agus Rianto kepada GoRiau.com, Kamis (17/10/2013), mengatakan, wacana pemberian bonus pada 24 Oktober 2013 sudah melalui pembicaraan dengan Kadispora Riau, Edi Satria.

"Sudah kordinasi dengan Pak Kadispora, dalam waktu yang bersamaan juga akan dilangsungkan pemberian bonus untuk Popnas. Sekaligus juga pembubaran dua Kontingen Riau tersebut," kata Gunawan.

Ke-13 paralimpian tersebut antara lain Aldino Waldi, Wahyuni dan Yusro Fahmi (atletik), Verderic Chandra/Ninik Nurani (bulutangkis), Romy Apriansyah (tenis meja), Syuci Indrayani, Melani Putri, Chelsy Prilia, Habibi Septyan Nugraha, Regina Mashita, Chelsy Prilia dan Nuraini Rahmawati (renang).

Medali emas sendiri akan diberikan sebesar Rp12 juta, perak sebesar Rp10 juta dan perunggu sebesar Rp7.5 juta. Sementara untuk pelatih sendiri diberikan setengah dari total yang diterima atlet.

"Diperkirakan Dispora Riau akan mengucurkan sebesar Rp339 juta untuk total keseluruhan bonus Peparpenas yang akan diberikan kepada 13 atlet dan pelatih," tuturnya.

Besaran yang diberikan untuk masing-masing medali pada Peparpenas tahun ini jauh lebih besar dibandingkan pada Peparpenas sebelumnya. Dimana medali emas diberikan sebesar Rp2.5 juta, perak sebesar Rp1.5 juta dan perunggu sebesar Rp1 juta dengan total tujuh medali emas, delapan perak dan lima perunggu.(tri)