PEKANBARU, GORIAU.COM - Kontingen Riau berhasil mengamankan posisi Runner-up pada Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) VI Jakarta, 7-13 Oktober 2013 dengan mengantongi 13 medali emas, empat perak dan empat perunggu.

Rincian total medali tersebut antara lain Renang dengan tujuh emas, tiga perak dan dua perunggu. Atletik dengan tiga emas, satu perak dan satu perunggu. Bulutangkis dengan tiga emas, dan tenis meja yang hanya mengamankan satu perunggu.

Hasil tersebut memastikan Kontingen Riau berhasil mencapai target, bahkan melebihi dari yang dicanangkan sejak persiapan kontingen. Pencapaian ini juga sekaligus meningkatkan prestasi dari Peparpenas sebelumnya.

Wakil Ketua Kontingen Riau, Gunawan kepada GoRiau.com, Minggu (13/10/2013), mengaku bangga dengan pencapaian ini. "Hasil ini merupakan peningkatan yang signifikan dan patut diberikan apresiasi," kata Gunawan.

Medali emas Riau tersebut masing-masing disumbangkan Syuci Indrayani (3), Meilani Putri (3) dan Chelsy Prilia (1) pada cabang renang. Kemudian Aldino Waldi (3) dari cabang atletik. Sementara sisanya datang dari cabang bulutangkis yang masing-masing disumbangkan Verderic Chandra, Ninik Nurani, kemudian dari nomor ganda campuran yang dibawa Verderic Candra dan Ninik Nurani.

Menyusul empat medali perak yang disumbangkan Habibi Septyan Nugraha, Regina Mashita dan Chelsy Prilia dari cabang renang. Sementara tambahan satu perak lagi direngkuh Wahyuni di cabang atletik.

Sementara empat medali perunggu Riau diciptakan Nuraini Rahmawati (2) dari cabang renang, kemudian Yusro Fahmi dari cabang atletik dan Romy Apriansyah dari cabang tenis meja.

"Kita berharap hasil ini bisa terus ditingkatkan hingga Peparpenas selanjutnya. Namun secara keseluruhan, masih ada beberapa evaluasi yang akan kita lakukan, karena ini menyangkut peningkatan mutu prestasi Riau ke depan," kata Gunawan.(tri)