JAKARTA- Kementerian Pariwisata RI tak henti-hentinya membuat inovasi dalam mempromosikan Pariwisata tanah air. Bergai iven skala nasional dan internasional juga digelar, persiapan 10 destinasi yang disebut 10 Bali Baru juga sedang berjalan.

Kemenpar juga punya perhatian khusus dengan wisata yang ada di Provinsi Riau, dari semua objek seperti wisata alam, wisata religi, kuliner dan cagar budaya.

Kementerian Pariwisata dengan Pemerintah Provinsi Riau, juga memiliki ide kreatif untuk mengenalkan wisata Riau ini, besok Jumat (27/05/2016) malam, bertempat di Kantor Kemenpar Jakarta, akan diadakan launching wisata Riau dengan tema "Riau Menyapa Dunia".

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya menyambut baik acara ini, "Riau Menyapa Dunia" dianggap sudah cocok dan tidak lah berlebihan, dimana sejumlah destinasi wisata dan iven-iven besar di Riau juga sudah bergema di dunia internasional.

"Di Riau kita punya banyak sekali lokasi wisata serta iven bertaraf internasional, contoh Bono, lokasi ini cukup bergema di Eropa dan Australia dan ini satu-satunya di dunia. Dimana banyak para turis yang sudah mencoba keganasan ombak ajaib dari sungai ini," ujar Menpar Arief Yahya kepada GoRiau.com, Kamis (25/05/2016) siang.

Selain Bono kata Menpar, nama Pacu Jalur Kuansing juga sudah mulai hangat dibicarakan di luar negeri. Wisatawan dari Malaysia, Singapura dan China sangat penasaran ingin melihat acara tersebut. "Untuk itulah kita juga mencoba lebih giat lagi dalam hal promosi, percuma kita punya acara besar, punya tempat bagus, tapi tidak diketahui orang. Jadi melalui launching "Riau Menyapa Dunia" ini, kita berharap segala yang berhubungan dengan wisata Riau bisa dikenal dunia," ujarnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau, Fahmizal Usman menjelaskan, untuk persiapan launching "Riau Menyapa Dunia" sudah dimulai jauh-jauh hari.

"Kita dari Disparekraf Riau sudah melakukan pra iven, dengan cara menyebarkan ajakan dan promosi di berbagai media khususnya media sosial. Tag line "Riau Menyapa Dunia" dengan beberapa hastag seperti #AyokeRiau, #thehomeland_Of_Melayu, sudah tersebar di Instgaram, Facebook, Twitter dan lainya," ujar Fahmizal.

"Riau Menyapa Dunia" menurut Fahmizal, adalah cara Pemerintah Provinsi Riau mengundang dan mengajak para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke Provinsi Riau. "Kita sangat kaya dengan destinasi, kita punya banyak iven, selain Bono kita ada Pulau Rupat, Candi Muara Takus, Air Terjun dan banyak lagi yang lainya. Untuk iven kita ada Pacu Jalur, Bakar Tongkang, tour de Siak, dan berbagai acara adat dan budaya yang bisa kita manfaatkan untuk mengundang para wisman ke Riau ini," pungkasnya.

Launching "Riau Menyapa Dunia" ini sendiri akan dilaksanakan besok Jumat (27/05/2016) di Kementerian Pariwisata Jakarta. Sejumlah undangan resmi sudah disebar, dan persiapanya juga sudah mencapai 90 persen. ***