PEKANBARU, GORIAU.COM- Menghadapi musim kemarau Juli-September 2014, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) membentuk FERT (Fire Emergency Reaction Team) atau tim reaksi cepat tanggap darurat kebakaran. FERT merupakan terobosan serta solusi dari Fire and Aviation Department.



Dimana pada bulan Januari-Maret 2014, pada saat kebakaran besar, Tim Fire and Aviation Department kesulitan dalam kecepatan mengumpulkan tim pemadam yang terlatih dari semua sektor. Dengan adanya FERT diharapkan setiap kejadian kebakaran di sektor dapat segera di padamkan dengan cepat.

Fire and Aviation Manager RAPP, Yuneldi mengatakan FERT beranggotakan 30 orang yang di ambil dua orang Forest Protection Guard dan satu orang Tim Inti Pemadam kebakaran dari seluruh sektor RAPP. FERT di bentuk menjadi empat Tim yaitu tiga Tim untuk mesin Mark-3 (mesin utama) dan satu tim untuk mesin Mini Striker (Mesin Jinjing).

"FERT dibentuk dengan tujuan untuk membantu sektor dalam penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan secara cepat. Dengan adanya FERT yang siap sedia di terjunkan kapan pun dan dimana pun, diharapkan setiap kejadian kebakaran dapat segera dipadamkan," ujar Yuneldi, Kamis (24/7/2014).

Tidak hanya itu, FERT juga melakukan patroli rutin ke areal atau sektor yang tingkat bahaya kebakarannya (FDR) berstatus Tinggi dan Ekstrim. Saat ini, FERT mendirikan posko mereka di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) Pangkalan Kerinci. "Selain sebagai tempat tinggal, pemilihan tempat ini dikarenakan sangat mendukung untuk kegiatan latihan serta memudahkan mereka ketika ada panggilan tuntuk pemadaman," terang Yuneldi.

Sampai dengan Juli 2014, FERT telah berkontribusi di dalam penanganan kebakaran di beberapa lokasi yang masuk Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak

Sementara, lanjut Yuneldi, kegiatan FERT selama tidak ada kebakaran tetap rutin berolahraga. Dengan tujuan, stamina anggota FERT tetap terjaga dan prima. Karena, stamina yang prima sangat dibutuhkan pada saat pemadaman kebakaran.

"Kegiatan lain yakni refresh training penggunaan pompa, dengan tujuan untuk mengasah kemampuan dan strategi dalam pemadaman serta penggunaan pompa, baik pompa baru maupun pompa lama," jelas Yuneldi.

Tidak hanya itu, di masa 'stand by' anggota FERT juga mendapatkan Refresh Training Maintenance Pompa Pemadam, kegiatan ini bertujuan agar tim FERT yang dikirimkan ke sektor pada saat kebakaran juga dapat membantu dalam penanganan mesin apabila terjadi kerusakan.(san)