PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau hampir saja tidak merekrut CPNS tahun ini. Pasalnya, usulan untuk menerima lulusan SMA sempat ditolak. Tetapi setelah melakukan komunikasi dengan pusat, akhirnya usulan itu kembali disetujui.

Meski tidak sepenuhnya, namun Pemprov Riau memastikan mendapat kuota 29 orang untuk lulusan SMA. "Kita sudah menjemput SK-nya," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, M Guntur.

Mengenai formasi, BKD Riau belum mengetahuinya. Informasi yang diterima Pemprov Riau, formasi nantinya akan diumumkan saat pendaftaran CPNS untuk Riau mulai dibuka. "Yang jelas sudah disetujui," tandas Guntur.

Untuk itu, hasil tersebut akan dilaporkan ke Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam hal ini Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun. Dimana juga akan disesuaikan dengan persyaratan daerah untuk perekrutan.

Sebelumnya, Pemprov Riau mengusulkan 1.100 formasi CPNS tahun ini. Namun ternyata hanya disetujui 168 orang, di luar lulusan SMA. Selain terlalu banyak dikurangi, Pemprov Riau memperjuangkan agar minimal untuk perekrutan lulusan SMA diakomodir yang akhirnya disetujui.

Berdasarkan pengumuman formasi di website panselnas.menpan.go.id usulan formasi untuk tingkat SMA/SMK di Riau jumlahnya mencapai 29 orang. Sebanyak 23 orang untuk tamatan SMA dan enam orang untuk tamatan SMK jurusan mesin.

Adapun dituliskan di website panselnas tersebut berkaitan formasi Pengadministrasi Umum diperlukan 4 orang. Sebanyak dua orang untuk di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan dua orang di Sekretariat Daerah (Setda).

Kemudian formasi untuk Satuan Polisi Pamong Praja Pelaksana Pemula sebanyak delapan orang. Kemudian untuk formasi Pranata Komputer Pelaksana Pemula 11 orang yang diperlukan untuk lima orang di Setda, dua dinas Pekerjaan Umum dan empat di Dinas Pariwisata.

Selanjutnya formasi Penguji Kendaraan Bermotor Pelaksana Pemula khusus untuk tamatan SMK/Mesin sebanyak enam orang. Ini diperlukan untuk empat orang di Dispenda dan dua Dishub.***