PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengajak seluruh lapisan masyarakat agar gemar mengonsumsi pangan ikan sebagai salah satu potensi hasil laut Riau yang terbesar.

Namun ajakan tersebut ditujukan agar membentuk generasi yang cerdas, aktif dan produktif. Meski potensi ikan di Riau belum tergarap secara keseluruhan, diharapkan masyarakat lebih aktif mengonsumsi hasil pangan pangan ikan Riau yang melimpah.

"Mari gemar pencanangan pangan dan konsumsi ikan di Riau. Sebagai perwujudan menuju generasi yang sehat, aktif dan produktif," imbau Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman usai menjadi memimpin peringatan Hari Pangan Ikan Sedunia Ke-34 di Halaman Kantor Gubernur Riau, Rabu (17/12/2014).

Pangan lokal hasil laut Riau baru tergarap sekitar 30 persen. Sisa potensi yang belum tersentuh diharapkan dapat dimaksimalkan. Peningkatan daya gemar mengonsumsi ikan oleh masyarakat dimungkinkan untuk memaksimalkan potensi Riau.

"Mari konsumsi pangan ikan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, dengan memanfaatkan Pangan Lokal hasil bumi sendiri," ajak Plt Gubri.

Selaras dengan komitmen Presiden RI Joko Widodo yang akan mengangkat kemakmuran dan Kesejahteraan indonesia dari segi kemaritiman, Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Propinsi Riau, Surya Maulana, mengatakan akan melakukan pengembangan untuk meningkatkan kualitas jumlah tangkapan ikan dan budidaya tambak ikan di Riau.

"Saat ini bidang perikanan Riau mulai berkembang pesat, baik dari segi budidaya ikan maupun hasil  tangkapan ikan di laut dan air Tawar," ujar Surya.

Melihat persoalan yang ada selama ini maka dibutuhkan program program sebagai jalan untuk berbenah, dengan cara meningkatkan sarana prasarana di tingkat para nelayan, serta sektor yang terkait.

Berbenah dari sisi SDM dengan membangun jiwa bahari para nelayan sangat diutamakan sehingga mereka mampu menangkap ikan ke tengah laut yang jauh. Serta dengan dibangunnya SDM juga mereka harus memiliki peningkatakan ketrampilan dan jiwa wirausahanya.***