PEKANBARU, GORIAU.COM - Senin (21/7/2014) hari ini, seluruh posko arus mudik lebaran Idul Fitri 1435 H resmi dioperasionalkan. Karena berdasarkan pengalaman dan pantauan di lapangan, tingkat kepadatan arus mudik akan dimulai pada H-7 jelang lebaran.

Seperti biasanya, posko yang dioperasikan bertujuan mempermudah pemudik mendapatkan sejumlah informasi yang diperlukan dan memberikan rasa aman dan nyaman.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh posko yang dioperasikan bekerjasama dengan berbagai pihak dan unsur terkati. Mulai dari dishub, polda dan polres/polresta, kodim, lanal, KSOP, diskes, Satpol PP, Jasa Raharja dan instansi lainnya.

Posko utama atau tingkat provinsi langsung ditempatkan di Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau. Selain posko utama, juga dibuka posko untuk sub sektor udara, darat dan laut.

Sub sektor udara ditangani PT Angkasa Pura. Sub sektor laut ditangani Syahbandar. Sedangkan sub sektor darat dipusatkan di Terminal AKAP Payung Sekaki. Posko utama membantu tugas yang dijalankan posko di semua sub sektor.

Sementara untuk didaerah kabupaten dan kota, akan ditangani oleh masing-masing dishub di sana. Sifatnya tetap berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti polres/polresta, kodim dan lainnya.

"Masyarakat bisa menanyakan informasi arus mudik di posko terdekat. Semua informasi yang dibutuhkan mengenai arus mudik tersedia di sana, begitu juga jika membutuhkan hal lainnya," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Adizar.

Rencana awal untuk menguji kelayakan angkutan atau kendaraan arus mudik, kata Adizar tetap akan dilakukan. Jika kendaraan bermasalah dan dinilai membahayakan, maka akan diistirahatkan.***