PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepolisian Negara Republik Indonesia kembali menerima kesempatan untuk menjadi anggota Kepolisian. Penerimaan mulai dari calon Akademi Polisi, Tamtama sampai dengan Brigadir. Pendaftaran dimulai selama April 2015.

Persyaratan umum bagi calon pendaftar diantaranya lulusan SMA sederajat, berusia 17 dengan maksimal usia 21 tahun pada saat pendaftaran dilaksanakan. Persyaratan lainnya, calon pendaftar merupakan Warga negara Indonesia (WNI) yang tentunya tidak pernah terlibat tindak pidana atau melanggar hukum.

Untuk persyaratan lengkapnya, para calon pendaftar bisa langsung mengunjungi Bagian Dalpers Biro SDM Polda Riau atau mengunjungi alamat website www.penerimaanpolri.go.id atau blog:http//dalperspoldariau.blogspot.com.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo SIK mengatakan, penerimaan polisi dengan cara terbuka ini sebagai penegasan kepada masyarakat, untuk tidak percaya dengan pihak-pihak tertentu yang mengaku bisa menjamin kelulusan dengan imbalan uang.

"Dalam penerimaan, Polri masih konsisten menerapkan prinsip Bersih, Transparan, Akuntable dan Humanis (BETAH). Yang menentukan kelulusan tentunya berada pada diri peserta itu sendiri, berkompeten dengan cara banyak belajar, kesiapan fisik dan mental serta berdoa," terang AKBP Guntur.

Selanjutnya, untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendaftar. Polda Riau sebagai panitia daerah (panda) penerimaan ini juga membuka sosialisasi pendaftaran pada setiap minggunya di area Car Free Day dan di seluruh Polres yang berada di kabupaten.

"Pendaftaran bisa dilakukan juga di setingkat Polres. Selanjutnya nanti untuk pendataran ulang dan verifikasi administrasi dilakukan di SPN Pekanbaru, Jalan Patimura. Mulai tanggal 8 sampai 25 April mendatang," tutup Guntur. (had)