PEKANBARU - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengadu kepada Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo terkait kerusuhan rombongan kongres XXIX Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) asal Sulsel di Provinsi Riau.

Gubernur Sulsel yang merupakan Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) masa bakti tahun 2015-2019 ini pun meminta maaf kepada masyarakat Riau melalui Plt Gubri.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum Setdaprov Riau Darusman yang kebetulan turut hadir di Munas V APPSI turut menceritakan kronologis apa-apa saja yang telah terjadi dan dirusak oleh peserta kongres yang berdalih kecewa karena ditelantarkan oleh panitia.

"Kami sampaikan permasalahan rombongan HMI asal Sulsel kepada pak Gubernur Sulsel usai pemilihan Ketua APPSI. Beliau meminta maaf kepada masyarakat Riau," ungkap Darusman melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (26/11/2015).

Sambung Darusman, Gubernur Sulsel menyerahkan segala proses hukum kepada pihak berwajib terkait kerusuhan yang terjadi di Riau. Ia pun tidak akan membela mahasiswa yang kedapatan membawa senjata tajam.

"Pak Gubenur Sulsel sangat menyesalkan terjadinya kerusuhan itu. Beliau pun menyerahkan semuanya kepada pihak yang berwajib," tutup Darusman. (rls)