PEKANBARU, GORIAU.COM - Provinsi Riau kini termasuk peringkat tertinggi pertumbuhan ekonomi di Indonesia yakni pada urutan kelima, dan nomor satu di Sumatra. Peranan pengembang perumahan dalam hal ini DPD Real Estate Indonesia (REI) terhadap pembangunan diakui Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rahman tidak dapat dilepaskan, sehingga diharapkan dapat mengembangkan wilayah pulau-pulau di pesisir.

Harapan dan pernyataan tersebut disampaikan Plt Gubri saat membuka Musda X DPD REI, Rabu (22/10/2014) di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Selain mengucapkan selamat atas pelaksanaan Musda, Ia juga berharap Riau bisa menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di Sumatra.

"Peningkatan diharapkan ke pembangunan di pulau-pulau wilayah pesisir. Kita juga mendorong kepada Bupati/Walikota untuk mendukung melalui regulasi misalnya, sehingga kita sejalan dengan pemerintahan Jokowi-JK yang memperhatikan wilayah maritim, salah satunya di Riau," ungkapnya.

Dengan demikian maka akses ke daratan bisa dibuat oleh pemerintah seperti jembatan. Karena diakui Plt Gubri yang masih menjabat Waketum Kadin Indonesia mengungkapkan pulau-pulau di Riau sangat mungkin sekali dihubungkan dengan daratan. Dan peranan REI juga menurutnya bisa dilakukan dalam pengembangan wilayah. "Ini suatu potensi yang sangat besar," sambungnya.

Pada Musda kemarin hadir Asisten Deputi Bidang Perumahan Rakyat Kemenpera RI, Irmayanti, Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi, BPO REI Setioharso, Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy, Sekjen DPP REI Ari Rahalta, Korwil REI Sumatra Rifayendi, serta tiga calon Ketua DPD REI Riau yang akan dipilih dalam Musda X, yakni Delisis Hasanto, Nursyafri Tanjung, dan Amran Tambi serta ratusan anggota REI Riau.

Sementara itu Ketua Umum DPP REI, Eddy Hussy mengharapkan pengembangan infrastruktur terhadap daerah bisa diperhatikan pusat dan Pemerintah Daerah (Pemda). Diakuinya kendala di setiap daerah dalam pembangunan bisa dibilang sama, salah satunya regulasi.

"Dengan Urbanisasi cukup tinggi di Riau, jadi diharapkan Ketua terpilih nantinya harus bisa memayungi anggota yang ada, bukan saja jabatan, tapi pengabdian dan pembangunan bagi daerah," harapnya.

Dalam Musda X kemarin mengangkat tema dalam mensukseskan perencanaan pembangunan kawasan dan kota tumbuh baru di Provinsi Riau. Sehingga seluruh perusahaan pengembang diharapkan dapat menumbuh kembangkan wilayah-wilayah baru di sekitar pusat-pusat kota di Provinsi Riau.***