PEKANBARU - Bersempena Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, mengimbau orang tua agar senantiasa mendukung tumbuh kembang karakter, kemampuan literasi dan kompetensi anak guna mewujudkan anak Riau yang cerdas dan memiliki kemampuan khusus.

"Anak-anak terlahir ke dunia sebagai pembelajar, mereka tumbuh dengan rasa ingin tahunya yang sangat besar. Untuk itulah orang tua harus mengamankan masa depan mereka dengan memastikan pendidikan anak-anak kita terpenuhi,"ungkap Plt Gubri yang kerap disapa Andi Rachman tersebut, Senin (2/5/2016) saat upacara di halaman Kantor Gubernur Riau.

Tanpa pendidikan, menurutnya, masa depan akan sulit. Maka, dengan memberikan dukungan penuh kepada pendidikan anak, orangtua dapat menyiapkan anaknya untuk meraih kesempatan yang terpampang dengan menjawab tantangan zaman. Hal itu dapat terpenuhi dengan memenuhi tiga komponen yang dibutuhkan anak, yaitu pengembangan karakter, kemampuan literasi dan kompetensi.

Ditambahkan Andi Rachman, anak-anak Indonesia khususnya Riau harus mampu memenuhi dua karakter yaitu karakter moral dan kinerja. Dimana, karakter moral mencakup nilai pancasila, keimanan, ketawaqan, integritas, kejujuran, keadilan, empati rasa welas asih dan sopan santu,. Lalu diimbangi dengan karakter kinerja yang meliputi kerja keras, tangguh, rasa ingin tahu, gigih, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan.

"Kita mau anak-anak menjalankan peranannya menuntut ilmu dengan seimbang. Jangan rajin tapi curang, kita harus tanamkan jiwa yang baik kepada mereka," imbuh Andi Rachman. (*/rat)