PEKANBARU, GORIAU.COM - Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman menyandarkan harapan besar kepada pemuda-pemudi untuk pengembangan bangsa menjadi lebih baik ke depan. Sandaran harapan tersebut diamanatkannya mengingat bahwa harapan bangsa ke depan adalah generasi muda Indonesia saat ini.

Pesan itu disampaikannya saat memimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-86 di Halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (28/10/2014). Plt Gubri bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan naskah pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

"Mari bentuk pemuda yang berkarakter, tangguh dan memiliki daya saing di dunia global di masa mendatang. Mereka yang kreatif adalah mereka yang siap menghadapi tantangan di masa depan," kata Plt Gubri.

Khusus di daerah, pemberdayaan dan penanaman kreativitas terhadap generasi muda merupakan permulaan untuk membentuk mereka menjadi harapan bangsa. "Mereka yang maju adalah mereka yang mampu berinovasi dan siap berkompetisi di dunia internasional," lanjut Plt Gubri.

Perlu peningkatan dalam jati diri dan pembinaan secara terstruktur agar melahirkan pemuda yang bisa memberikan nilai positif terhadap perubahan bangsa.

Patriotisme yang telah dijalankan pemuda di masa terdahulu, harus menjadi corong bagi pemuda kita saat ini. Apa yang telah digagas dan dilakukan pemuda terdahulu, harus bisa ditanamkan pada diri pemuda zaman sekarang.

Perlu hubungan sistematis untuk melakukan itu. Pendidikan formal dan informal menjadi penanaman modal bagi mereka yang seharusnya bisa melangkah dari awal dengan harapan perubahan.

"Berfikir positif akan membuat kita maju. Namun semua harus dimulai dari diri sendiri, butuh perjuangan untuk melakukan perubahan secara besar mengabdikan fikiran bagi pemuda kita, tapi itu bisa dilaksanakan dengan niat dan hati yang tulus," pungkas Plt Gubri.

Hadir dalam upacara tersebut perwakilan beberapa sekolah di Pekanbaru dan kabupaten/kota lainnya. Kemudian seluruh pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan pihak terkait lainnya.***