PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebanyak 24 pemain futsal hasil seleksi Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Riau mulai menjalani Training Camp (TC) berjalan di wisma atlet, Rumbai, Pekanbaru, Riau, Sabtu (28/2/2015).

TC ini akan berlangsung hingga April 2015 sebagai persiapan Riau menghadapi Kejurnas Rhafely Cup di Padang, Sumatera Barat pada Mei 2015.

Ketua Umum AFD Riau, Agus Syamsir mengatakan, kejurnas tersebut akan dijadikan sebagai ajang evaluasi pemain yang saat ini masih dalam penggodokan untuk diciutkan.

Karena persiapan tim futsal Riau sesungguhnya berujung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa barat 2016 mendatang. "Jelang itu kita akan ikuti sejumlah kejuaraan sebagai evaluasi pemain dan tim," tukas Agus.

Ditambah lagi, untuk Pra-PON, Riau menjadi salah satu daerah yang mengusulkan diri menjadi tuan rumah. "Untuk itu, seluruh persiapan harus digesa," sambung Agus.

Pra-PON sendiri akan dilaksanakan pada Oktober 2015 mendatang. Pembagian grup juga sudah ditentukan. Dimana Riau berada di Grup A bersama Aceh, Sumatera Utara dan Jambi.

Sementara hanya dua tim teratas yang akan diambil untuk lolos ke babak 16 besar. "Jadi kita butuh penguatan terhadap persiapan tim. Pra-PON akan menentukan semuanya," ujar Agus.

Selanjutnya, seluruh tim yang lolos ke babak 16 besar akan dibagi dalam 2 grup. Dimana masing-masing grup akan diisi 8 tim. Hanya tim peringkat 1-5 yang akan lolos nantinya mengikuti PON Jawa Barat 2016.***