JAKARTA- Peraih medali emas lompat jauh Asian Games Incheon 2014, Maria Londa bisa bermafas lega. Pasalnya, perbaikan lintasan sintetis (track) di GOR Mengwi Badung, Bali yang akan dijadikan tempat latihan Maria Londa untuk persiapan menghadapi Olimpiade Rio de Jeneiro, Brasil, 5-21 Agustus 2016 telah dikerjakan pihak kontraktor.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora, Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Pemkab Badung dan unsur terkait lainnya yang telah membantu terwujudnya pembangunan perbaikan lintasan untuk latihan Maria Londa. Terus terang, saya bangga Bali memiliki lintasan lompat jauh berstandar internasional yang sangat bermanfaat bukan hanya buat Maria Londa tetapi atlet Bali lainnya," kata pelatih Maria Londa, I Ketut Pageh yang dihubungi melalui telepon selular, Rabu (25/5/2016).

Menurut Pageh, pembangunan lintasan yang berstandar internasional itu sudah dimulai Selasa (24/5) dan diperkirakan sudah bisa dipergunakan paling lambat akhir Juni 2016. "Kontraktornya sih menjanjikan paling lambat akhir Juni 2016 lintasan yang kita inginkan sudah bisa digunakan Maria Londa untuk latihan persiapan ke Olimpiade Rio de Jeneiro 2016. Mudah-mudahan bisa lebih cepat," katanya.

Sesuai dengan jadwal yang dijanjikan kontraktor tersebut, kata Pageh, praktis Maria Londa hanya bisa berlatih sebulan penuh di lintasan teraebut. Sebab, Maria sudah harus bertolak ke Rio de Jeneiro akhir Juli 2016. "Kita memang meminta Maria diberangkatkan sebelum pelaksanaan Olimpiade agar punya waktu untuk menyesuaikan dengan cuaca di Rio de Jeneiro," katanya lagi.

Sementara itu, Ahmad Sucipto mengaku telah mendapat laporan tentang pengerjaan lintasan lompat jauh langsung dari I Ketut Pageh. "Rencana perbaikan lintasan lompat jauh berstandar internasional yang diperuntukkan bagi Maria Londa memang sempat mandek beberapa lama. Satlak Prima mengambil alih karena lingkungan kepelatihan yang dapat menjamin peningkatan performa atlet itu sangat penting antara lain pengadaan infra struktur yang berstandar tinggi," pungkasnya. (NST)