PEKANBARU, GORIAU.COM - Salah satu agenda Diklat Pengendalian Damkarbunal (Pemadaman Kabakaran Kebun dan Lahan) hasil kerjasama Disbun Riau melalui UPT Pelatihan dengan GAPKI Riau dan Balai Diklat Kehutanan Pekanbaru yaitu melaksanakan praktek lapangan yang diadakan di Kebun Sei Galuh PTPN V. Untuk kegiatan ini akan dilaksanakan mulai hari ini, Kamis (17/4/2014) hingga besok hari, Jumat (18/4/2014).

Kegiatan tersebut meliputi tiga rangkaian besar yaitu penyuluhan kepada lembaga pendidikan dan masyarakat, pengenalan alat damkar dan pemetaan lokasi dan juga simulasi pemadaman api.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan kepada siswa didik dan majlis guru SMP Negeri 4 Tapung yang berada di kawasan kebun PTPN V Sei Galuh. Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Tapung, Khairil Anuar menyambut gembira kegiatan ini. Menurutnya kegiatan yang sama belum pernah dilaksanakan oleh pihak yang lain.

''Banyak informasi berharga yang kami dapatkan tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran melalui kegiatan ini. Dan kami yakin, siswa akan menyalurkan informasi tersebut kepada keluarganya di rumah nantinya,'' ucap Khairil Anuar.

Menurut Kepala UPT Pelatihan, Alzuhra Alinoni, yang mewakili Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Zulher pada saat pelatihan tersebut mengungkapkan kegiatan praktek ini merupakan perwujudan ilmu yang didapatkan oleh peserta diklat selama 3 hari kemarin.

''Para peserta akan digembleng di lapangan tentang bagaimana caranya mengelola program pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Mulai hari ini (Kamis-red), nanti malam hingga esok hari mereka akan berada di lapangan,'' kata Alzuhra.

Materi yang diberikan oleh instruktur yaitu terdiri dari teknik penyuluhan ke masyarakat, pengenalan penggunaan alat damkar atau alat bantu lainnya, Grown Check Orientation, Pemetaan Lokasi, sketsa pengenalan titik api, teknik pencarian sumber air, evakuasi dan penanganan korban karhutla, hingga simulasi pemadaman titik api yang efektif.

Instruktur dari Balai Diklat Kehutanan Pekanbaru, Mukhammadun, mengungkapkan ilmu yang didapatkan oleh peserta diharapkan dapat berguna di tempat bekerja mereka nantinya. (rls)