SINGINGIHILIR, GORIAU.COM - PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kembali menggelar pelatihan kader posyandu se-Kecamatan Singingi Hilir, Selasa (18/11), bertempat di Gedung Serba Guna Camat Singingi Hilir, Kuantan Singingi. Pelatihan ini diikuti oleh sejumlah perwakilan kader posyandu dan perwakilan PKK dari desa-desa yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Singingi Hilir, Herizon, SKM mengungkapkan apresiasinya terhadap pelatihan yang dilaksanakan RAPP melalui program Community Development (CD). Menurutnya pelatihan ini memberikan kontribusi terhadap kesehatan Ibu dan Anak di wilayah Singingi Hilir.

''Kader posyandu adalah ujung tombak kesehatan Ibu dan Anak, dan dengan adanya kader-kader yang terlatih dan handal ini setidaknya akan menurunkan angka kematian ibu dan anak. Jadi, mari ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan segera diterapkan di lapangan,'' ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Singingi Hilir yang diwakili oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Hamsan, SP ketika membuka secara resmi pelatihan tersebut. Ia menyampaikan melalui program pelatihan ini sangat memberikan makna terhadap upaya peningkatan kualitas kader posyandu yang ada di desa.

Humas Estate Logas, Herman mengatakan tujuan dari training kader ini untuk menunjang kegiatan UPTD Kesehatan dalam mengimplementasikan Program Kesehatan Ibu dan anak melalui kader-kader posyandu yang terlatih, sehingga menyegarkan kembali pengetahuan kader posyandu dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak di Desanya.

''Kami sangat berterimakasih atas dukungan dari UPTD Kesehatan, pihak Kecamatan, dan masyarakat, diharapkan kolaborasi ini terus berkelanjutan demi terciptanya hubungan baik di antara kita, dan mendukung kegiatan operasional RAPP agar selalu berjalan dengan baik,'' kata Herman.

Kegiatan pelatihan kader posyandu ini difasilitasi oleh Fasilitator Siti Nurfaida, SKM yang diikuti sebanyak 30 orang perwakilan dari Posyandu Desa Koto Baru, Desa Petai, Desa Sei Paku dan Desa Tanjung Pauh. Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis baju untuk kader posyandu oleh CD Officer Estate Logas, Erian Yusti kepada UPTD Kesehatan Herizon, SKM. (rls)