PEKANBARU, GORIAU.COM - Tahun ini, Provinsi Riau memberangkatkan 4.036 Calon Jamaah Haji (CJH). Pekanbaru dan Kuansing menjadi kloter pertama dengan 450 CJH pada 1 September 2014 mendatang.

CJH Pekanbaru-Kuansing akan bertolak ke Batam, Kepri pada 30 Agustus 2014. Secara keseluruhan, CJH Riau dibagi menjadi 9 kloter keberangkatan.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Tarmizi Tohor, Selasa (19/8/2014), menjelaskan, keberangkatan 9 kloter CJH Riau akan berlangsung hingga 8 Agustus 2014.

"Pekanbaru-Kuansing menjadi kloter pertama dari 9 kloter yang dibagi. Total CJH dua daerah itu sebanyak 450 orang," kata Tarmizi.

Untuk tahun ini, Provinsi Riau mendapat pengurangan pemberangkatan jamaah haji, dimana kurang lebih seribu orang yang dikurangi. Ini merupakan dampak dari permintaan panitia pelaksana karena ada renovasi yang dilakukan.

"Biasanya kita mendapat jatah lima ribuan, namun karena pengurangan tadi, kita hanya mendapat jatah sebanyak 4.036 orang," lanjut Tarmizi.

Sementara khusus untuk kloter terakhir, akan digabung dengan provinsi lainnya, seperti Kalimantan Barat (Kalbar) dan Jambi. "Karena yang terakhir jumlahnya tidak banyak, jadi digabung dengan mereka yang juga berangkat melalui embarkasi Batam," tutup Tarmizi.***