PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Hari ini, Rabu (25/2/2015), Tim Fire and Aviation PT. RAPP telah melakukan 30 sorti waterbombing untuk memadamkan kebakaran lahan di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau. Jumlah tersebut dicapai hingga siang pukul 13.00 WIB tadi dan kemungkinan akan terus bertambah hingga sore nanti.

Dengan berkoordinasi dengan posko kebakaran hutan dan lahan di Lanud Pekanbaru dan sejumlah pihak terkait, tim pemadam kebakaran yang diperkuat dua helikopter untuk pemantauan dan pemadaman serta didukung sekitar 75 personel darat lengkap dengan peralatannya langsung turun ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

Tim tersebut dilengkapi dengan 2 pompa besar merk Tohatsu, 4 pompa Mark III, 2 pompa Mini Striker serta selang pemadam. Sementara itu, untuk pemantauan lokasi, tim juga menggunakan Drone atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle) sejenis pesawat quadcopter remote control yang dioperasikan untuk memantau pergerakan api dan luasan lahan yang terbakar. 

''Tim langsung kita turunkan ke lokasi termasuk 2 unit helikopter, untuk waterbombing dan patroli, beserta peralatan lengkap berusaha dengan keras agar api tidak meluas dan dapat segera padam,'' ujar Direktur RAPP, Mulia Nauli.

Hingga saat ini, tim Fire Fighter PT RAPP masih terus melakukan pemadaman dan berupaya optimal agar api tidak masuk ke area konsesi. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Helikopter PT RAPP pada hari Selasa (24/2) kemarin, juga melakukan bom air di wilayah Pulau Rupat yang terbakar sebanyak 25 sorti atau bom air. Sedangkan, pada hari Senin (23/2), waterbombing dilakukan di sekitar wilayah Desa Kuala Panduk, dengan jumlah bombing sebanyak 15 sorti.  (rls)