PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp154 miliar untuk pembebasan lahan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Rencananya, Oktober 2014 mendatang semuanya akan dimulai.

Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun, mengatakan, beberapa pekerjaan juga sudah dimulai. "Oktober akan dimulai," kata Gubri usai memimpin peringatan Hari Pramuka Ke-53 di Halaman Kantor Gubernur Riau, Senin (18/8/2014).

Sejauh ini, tol dengan panjang sekitar 126 kilometer tersebut, sudah dilakukan pembebasan lahan sepanjang 7 kilometer. Molornya pekerjaan pembebasan lahan tersebut disebabkan karena Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di sejumlah kawasan tersebut.

Setelah RTRW Provinsi Riau disahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mulai fokus pembahasan kelanjutan progres pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol.

RTRW Riau menjadi alasan utama terkendalanya pembangunan jalan tol pertama di Sumatera tersebut. Kementerian PU juga sudah beberapa kali meninjau lokasi rencana pembangunan jalan tol tersebut.***