PEKANBARU, GORIAU.COM - Satu lagi, halaman parkir di Kantor Gubernur Riau memakan korban, Jumat (24/10/2014). Untuk ketiga kalinya, dalam tahun ini yang menjadi korban adalah wartawan yang berposko di Kantor Gubernur Riau.

Eka, salah satu wartawan media cetak mengalami nasib 'apes' usai Salat Jumat. Kawasaki Ninja dengan nomor polisi BM 2546 JU sebelumnya diparkir di halaman belakang, tepatnya di depan Biro Humas Setdaprov Riau, sebelum Salat Jumat.

Namun setelah dirinya kembali ke parkiran, didapati motor tersebut sudah tidak ada lagi. Ditanya ke Satpol PP yang berjaga, mereka hanya menjawab bahwa pagar belakang selalu ditutup jelang Salat Jumat berlangsung.

"Tadi sebelum pergi memang lagi ramai dekat parkiran. Namun saya tak ada sampai berpikiran ke situ," kata Eka yang hendak melapor ke Polsek Sukajadi.

Sebelumnya, motor wartawan TVRI, Juna juga mendapat jatah pertama tahun ini. Kemudian berlanjut Tia yang juga merupakan wartawan cetak. Belum lagi motor masyarakat dan pegawai yang hilang.

Parkiran Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau seharusnya sudah layak menggunakan sistem kartu pass untuk meminimalisir kejadian tersebut. Karena jika dibiarkan, pencurian sepeda motor ini akan terus berlangsung.

Saat ditanyakan ke sejumlah orang yang sepeda motornya dicuri, semuanya mengatakan memang kerja anggota Satpol PP yang ditempatkan di sana tidak efektif.

"Waktu motor Tia hilang, ada juga 2 anggota Satpol PP yang ngepos di sana. Dia tahu Tia masuk, tapi motor itu keluar dia tidak perhatikan. Lagian katanya keliling setiap saat, tapi ya tetap saja hilang," ujar Tia, yang juga mengalami kejadian tersebut.

Saat ditanyakan ke Kepala Satpol PP Riau, Noverius, dirinya hanya mengetahui bahwa anggotanya selalu berjaga dan ronda. "Nanti akan saya cek siapa yang pos di sana," tegas Noverius.***