PEKANBARU, GORIAU.COM - Setelah berkunjung dan meminta restu Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, kemarin, wakil Indonesia pada Miss Grand Internasional 2014, Margenie Winarti melakukan kunjungan ke Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Peremuan dan Anak (P2TP2A) Kota Pekanbaru, Jumat (29/8/2014).

Dalam kunjungannya, Margenie Winarti mendapat pengetahuan baru mengenai bagaimana pemberdayaan perempuan dan anak yang harus dilakukan. Dimana kasus kekerasan untuk dua tingkatan tersebut saat ini menjadi hal yang tidak asing lagi.

Namun itu perlu perjuangan keras untuk mengantisipasi bahkan menuntaskannya. "Peran pemerintah dan lembaga atau instansi yang bergerak dalam pelayanan harus bisa ikut serta dalam hal ini," kata Ketua Harian P2TP2A, Helda Kasmi.

"Kami menerima laporan sebanyak 20-an kasus sepanjang 2013. Sementara fakta di lapangan, sangat banyak terjadi. Keinginan atau keberanian masyarakat itu masih minim," sambung Helda.

Peran inilah yang dimainkan P2TP2A Kota Pekanbaru untuk memunculkan keberanian masyarakat untuk melaporkan atas tindakan kekerasan yang baik dialami sendiri maupun keluarga.

"Alhamdulillah tahun 2014 keberanian masyarakat untuk melaporkan meningkat, dimana sejak Januari hingga sekarang (Agustus, red), kami sudah menerima laporan lebih 30 kasus kekerasan," ujar Helda.

Dalam kunjungan tersebut, MG mendapat pengetahuan dan pengalaman berharga. Dimana dirinya ingin menyuarakan agar pemberdayaan perempuan dan anak mendapat solusi yang tepat dan cepat oleh pemerintah.

"P2PT2A merupakan instansi yang luar biasa. Mencarikan solusi untuk kekerasan perempuan dan anak, juga ikut membantu psikis kepada korban yang terkena tindakan baik kekerasan maupun pelecehan seksual," tandasnya.

"Pengalaman dan informasi ini juga akan saya sampaikan kepada Indonesia dan Dunia agar memprioritaskan kepentingan dan keberdayaan perempuan dan anak. Selama ini, kekerasan terhadap dua tingkatan itu sangat luar biasa dan perlu mendapat solusi yang tepat," ujarnya.

Wanita yang akrab disapa MG tersebut akan bertolak ke Bangkok, Thailand pada 16 September-7 Oktober 2014 mengikuti kontes kecantikan. Dimana MG akan bersaing dengan wanita dari 110 negara lainnya pada ajang tersebut.

MG juga sudah melakukan kunjungan ke beberapa titik sebelumnya. Salah satu yang terbesar saat dirinya hadir pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Provinsi Riau, 9 Agustus 2014 silam.***