PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebanyak 30 dari 134 nama debitur atau pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) telah didapatkan untuk disaring dan menerima Anugrah UMKM Awards ke-6 Bank Riau-Kepri Tahun 2014.

Ke 30 debitur tersebut sudah melalui beberapa tahap seleksi. Dimana tahap pertama atau seleksi awal melalui administrasi seperti data dan profil usaha. Seleksi tersebut menciutkan 60 debitur yang lulus.

Kembali akhirnya diciutkan menjadi 30 pelaku usaha dengan tahap seleksi mengkorscek ke lapangan. "Kita langsung turun ke lapangan dan melihat langsung hingga berdialog dengan pelaku usaha. Hasilnya, 30 debitur yang layak," kata Ketua Tim Dewan Juri UMKM Awards ke-6 Bank Riau-Kepri Tahun 2014, Indra Bangsawan.

Sementara untuk final, dewan juri bersama pihak Bank Riau-Kepri sepakat menyepakati akan diciutkan menjadi 15 debitur nantinya. Dimana dari 3 kategori yang diberlakukan, masing-masing kategori akan dimenangkan oleh 5 debitur.

"Pengumuman final akan diumumkan pada malam penganugerahan pada Rabu (22/10/2014) malam," Direktur Kredit dan Syariah Riau-Kepri Afrial Abdullah.

Dijelaskannya, program UMKM Awards ini sesuai dengan visi dan misi Bank Riau-Kepri menjadi pembina, pendamping dan pengembang UMKM di Provinsi Riau dan Kepri. "Ini sudah berjalan sejak 2009, dan BRK komit untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah," sambung Afrial.

"Namun hanya kepada mereka yang serius dan memiliki profil usaha yang berpotensi untuk dikembangkan ke depan. Sebagai catatan, dari tahun ke tahun pelaku usaha yang kita bantu mengalami peningkatan," papar Afrial.

Sementara itu, Pemimpin Divisi Konsumer dan Mikro Bank Riau-Kepri M Azwizar Hendri menegaskan, bahwa bank yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau ini komit akan mempertahankan program UMKM Awards untuk ke depannya.

"Karena memang kami komit untuk menjadi pembina, pembina dan pengembang bagi para pelaku usaha kecil dan menengah," ujar Azwizar.

UMKM Awards dilaksanakan guna mengapresiasi debitur terbaik yang merupakan mitra binaan dari kantor cabang, cabang pembantu, serta kedai Bank Riau Kepri yang tersebar di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Award juga mendorong pertumbuhan sektor UMKM di Riau dan Kepri.

''Kegiatan ini telah menjadi agenda tahunan BRK guna memberikan apresiasi atas kinerja dan loyalitas para pelaku usaha mikro dan kecil yang telah kita bina khususnya,'' kata Azwizar.

Ada tiga kategori UMKM yang akan dinilai dalam penyeleksian, seperti pada usaha makro yang bergerak dibidang usaha produksi industri, home industri, jasa dan perdagangan dan ini ditujukan pada nasabah yang nilai kreditnya di atas Rp50 juta-100 juta. Sedangkan untuk usaha mikro ditujukan pada nasabah yang nilai kreditnya dibawah Rp50 juta.***