JAKARTA - Luncurkan buletin "Suara PKNS" Paguyuban Kawulo Ngayogyakarto dan Sekitarnya (PKNS) Riau, taja halal bihalal dan silaturahmi di Alam Mayang,  Minggu (24/7/2016).

Acara tersebut dimulai dengan kirab kasepuhan PKNS yang diiringi oleh musik Jogja Foundation.

Sementara itu, Ketua PKNS Riau Jakiman mengatakan, kirab kasepuhan prajurit tersebut merupakan bentuk motivasi pada warga agar selalu bersemangat dan menjaga tetap kebudayaan. Selain itu, PKNS juga tujuan mempererat tali silaturahmi antara keluarga PKNS yang ada di Riau dengan cara ber Halal Bihalal bersama.

"Usai Idul Fitri, ini merupakan kegiatan pertama kita. Halal bihalal merupakan agenda tiap tahun PKNS Riau. Kita terus membina komunikasi dengan masyarakat Riau demi kemajuan daerah Bumi Lancang Kuning dan tetap menjaga kebudayaan bangsa,"ungkapnya.

Ditegaskan Jakiman, PKNS merupakan organisasi yang bergerak di bidang kebudayaan dan tidak mencampur adukan dengan dunia politik. Organisasi tersebut berdiri sendiri dibawah koordinasi Sultan Hamengku Buwono Yogyakarta.

Sementara itu, Sekretaris PKNS Riau, Drs Riyono Gede Trisongko MM menjelaskan, sempena halal bihalal juga dimanfaatkan untuk peluncuran buletin suara PKNS Riau. Menurutnya, buletin itu merupakan edisi perdana yang berisi tentang etika komunikasi yakni petunjuk-petunjuk bahwasanya sebagai paguyuban tidak berbicara sendiri-sendiri, namun menjalin komunikasi dengan orang lain.

"Buletin ini muncul karena kebutuhan masyarakat akan komunikasi. Ini merupakan buletin yang perdana PKNS Riau. Rencananya buletin ini akan kita keluarkan sekali empat bulan, untuk memberikan informasi tentang kebudayaan kepada masyarakat,"ucapnya. 

Dalam kesempatan itu, penasehat PKNS Riau, Surono Edi mengingatkan pada pengurus dan keluarga PKNS Riau untuk selalu bersikap netral dan menjadi penguat budaya, baik di jawa maupun diluar jawa. (***)