PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebuah kapal cepat (speedboat) yang mengangkut sebanyak 50 pemudik dilaporkan terbakar saat melintas di wilayah perairan Indragiri Hilir (Inhil). Para penumpang berhasil selamat dari insiden itu.

"Kejadiannya pada Sabtu lalu dan itu merupakan laka laut pertama selama musim mudik Lebaran tahun ini," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo kepada pers lewat pesan elektronik yang diterima, Minggu (27/7/2014) siang.

Menurut laporan anggota di lapangan, lanjut dia, laka laut terjadi saat mesin speed boat yang ditumpangi sekitar 50 penumpang itu terbakar.

"Kejadiannya ketika itu sekitar pukul 18.30 WIB. Speed boat berpenumpang 50 orang berangkat dari Telaga Punggur, Batam menuju Indragiri Hilir, Riau," katanya.

Sesampainya di Perairan Pulau Busung, Kabupaten Indragiri Hilir, mesin kapal terbakar, namun dipastikan tidak ada korban jiwa.

"Selanjutnya penumpang di evakuasi ke kapal milik Dorektorat Polisi Perairan (Polair) dan Sat Polair menuju Kota Tembilahan, Indragiri Hilir," katanya.

Guntur mengatakan, sejauh ini upaya penyelidikan masih dilakukan termasuk memeriksa nakhoda dan anak buah kapal serta pemiliknya.

Sementara itu hasil Pelaksanaan Operasi Ketupat 2014 Polda Riau bersama jajaran sejak H-7 hingga H-1, situasi keamanan lalu lintas masih terkendali. "Selama Operasi Ketupat sepekan ini, telah terjadi 24 kejadian kecelakaan lalu lintas," katanya.

Dari serentetak laka lantas itu, korban meninggal dunia ada sebanyak 14 orang sementara yang mengalami luka berat ada 20 orang dan luka ringan juga sebanyak 20 orang.(fzr)