PEKANBARU, GORIAU.COM - Realisasi janji Gubernur Riau, H Annas memberikan tiga Rumah Layak Huni (RLH) sebanyak 5.520 untuk 1.835 desa yang berada di Provinsi Riau kemungkinan besar akan terwujud melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun ini.

Rencana pembangunan sendiri dijadwalkan akan dimulai pada Juli 2014 mendatang. Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Provinsi Riau, Daswanto, Minggu (23/3/2014).

"Kalau tidak ada kendala, pembangunan tiga RLH untuk masing-masing desa akan dimulai pada Juli mendatang. Setidaknya ada sekitar 5.520 RLH yang akan dibangun tahun ini," kata Daswanto akhir pekan lalu.

Dirinya menyebutkan, selain memang ada perencanaan setiap tahunnya, namun kali ini cukup berbeda. Karena memang didasarkan pada keinginan Gubernur Riau, H Annas Maamun dalam program kerjanya lima tahun ke depan.

Namun ditegaskan Daswanto, semuanya baru bisa dijalankan pada APBD Perubahan Provinsi Riau tahun ini, karena pada APBD Murni sudah jelas tidak lagi bisa dilaksanakan.

Untuk teknisnya, Daswanto menjelaskan, Pemprov Riau akan merekrut konsultan agar realisasi program kerja ini tepat sasaran dan bisa sesuai dengan keinginan kepala daerah, kemudian sesuai kebutuhan masyarakat.

"Artinya Pak Gubernur serius dengan program pengembangan untuk desa. Salah satunya jelas dengan setiap tahunnya melakukan perencanaan pembangunan RLH untuk setiap desa," sambung Daswanto.***